Pelindo III Sosialisasikan Standar Pelayanan Jasa Kepelabuhan

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

ilustrasi/Istimewa

jatimnow.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyosialisasikan keberadaan standar pelayanan jasa kepelabuhan kepada para pengguna jasa dan pemegang kebijakan jasa kepelabuhanan, agar memiliki kesamaan pemahamam dalam menjaga kualitas layanan logistik pelabuhan.

Commercial and Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal mengatakan sosialisasi standar layanan berbagai jasa kepelabuhanan sangat penting bagi para pengguna jasa dan stakeholder, supaya bisa menjaga kualitas layanan logistik di pelabuhan.

Ia mengatakan selama April sosialisasi tersebut telah digelar di dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur, dan Pelabuhan Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Penyusunan Standar Pelayanan telah diamanatkan undang-undang, karenanya setiap penyelenggara pelayanan publik, termasuk Pelindo III wajib menetapkan standar pelayanan," kata Iqbal dalam siaran persnya, Jumat (27/4/2018).

Ia mengatakan, standar pelayanan dapat menjadi landasan untuk dapat semakin meningkatkan mutu layanan.

"Kami di Pelindo III kini juga fokus melengkapi sertifikasi petugasnya demi layanan yang prima, di antaranya yaitu SIO (Surat Izin Operator), sertifikasi B dan C, Ahli K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) dan pergudangan, Ahli K3 umum dan kimia, serta sertifikasi petugas pandu kapal," katanya.

CEO Regional Jawa Timur Pelindo III, Onny Djayus mengakui pihaknya juga telah menerbitkan peraturan tentang sistem dan prosedur pelaksanaan pengamanan terminal, sebagai bentuk komitmen manajemen untuk meningkatkan pelayanan jasa kepelabuhanan 24 jam selama 7 hari, dengan janji layanan 10 menit.

"Kami juga mempercepat layanan kepelabuhan mulai pelayanan dokumen PPKB, penelitian dokumen, validasi, entry, verifikasi, dan distribusi data serta jaminan keamanan," katanya.

Inovasi layanan ini, kata dia, dilakukan untuk mempermudah pengguna jasa atau masyarakat dalam menyampaikan laporan pengaduan, saran dan masukan terkait pelayanan.



Sumber: Antara

Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter