jatimnow.com
Sungai Jrebeng Lor, Tempat Kumuh & Horor yang Kini Jadi Tempat Wisata

Sejumlah warga menikmati malam di tepi Sungai Jebreng Lor, Kota Probolinggo

jatimnow.com - Sungai Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo yang dulunya kumuh dan penuh dengan cerita horor, kini berubah menjadi bersih dan asri. Sungai itu menjadi jujukan wisatawan untuk berlibur.

Berubahnya Sungai Jebreng Lor tidak lepas dari tangan kreatif para pemuda di daerah tersebut. Soni Irawan salah seorang warga di sana mengatakan, dirinya bersama warga menciptakan sungai kumuh menjadi kampung wisata pendidikan secara swadya.

"Modal untuk pembangunan tempat ini, adalah hasil swadaya kami. Dulunya kumuh dan horor, kini sudah bisa digunakan masyarakat untuk berlibur," kata Soni, Minggu (22/12/2019).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Sebelum jadi tempat wisata, setiap hari warga melaksanakan kerja bakti untuk membersihkan, pengecatan, menanam tanaman toga serta membangun jembatan dan menambah penerangan dengan lampu hias.

"Saya ingin agar sungai ini bisa dimanfaatkan warga serta bisa menjadi sumber potensi perekonomian, agar lebih meningkat. Sebab sekarang di area ini sudah banyak warga yang membuka dagangan," tambah Murifah, warga sekitar.

Mutifah mengaku, gotong royong dan dana swadaya yang dilakukan masyarakat setempat itu tidak lain hanya untuk memajukan kampungnya.

"Kami sangat senang karena daerah ini sudah ramai, baik siang maupun malam hari," ungkapnya.

Loading...

Upaya warga itu akhirnya mendapat suport dari PT Berdikari Jaya Bersama (BJB) Probolinggo yang mengucurkan CSR-nya untuk mengembangkan wisata tersebut.

Berita Terkait