Demi Perbaiki Nasib, Bapak 48 Tahun ini Ikut UNBK Paket C

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Peserta UNBK paket C saat ujian.

jatimnow.com - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Pendidikan menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan untuk paket kesetaraan SMA atau kejar paket C, Jumat (27/04/2018).

Pelaksanaan UNBK tersebut dilakukan mulai hari ini dan akan berakhir hingga Senin (30/4/2018) mendatang. Tercatat sebanyak 383 peserta tampak mengerjakan naskah ujian melalui komputer.

Bahkan, beberapa diantaranya ada yang sudah berusia hampir setengah abad, namun tetap bersemangat mengerjakan naskah ujian. Mereka terlihat fokus mengerjakan soal ujian.

"Saya ikut untuk menambah ilmu. Ini salah satu persyaratan untuk mendapatkan tunjangan jabatan dan persyaratan dari kantor seperti itu," kata salah satu peserta Damali (48) usai mengerjakan ujian.

Pria satu anak yang tinggal di Desa Penataran Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar tersebut mengakui tidak mengalami kesulitan dalam mengerjakan naskah soal. Hanya saja, ia mengaku matanya sempat buram kala melihat monitor dan membaca naskah ujian.

Diketahui, Damali bekerja sebagai ASN di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan dan diberi tugas untuk merawat Candi Penataran.

"Ngerjain naskahnya gak masalah, tapi mataku itu sempat mblereng (kabur) gitu liat komputer, tapi Alhamdulillah lancar," ungkapnya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Wakini (43). ASN yang juga bekerja di BPCB Trowulan Mojokerto tersebut mendapat dukungan dari pihak keluarga untuk mendapatkan ijazah paket C.

Ia mengaku sedikit mengalami kesulitan dalam mengerjakan naskah soal, karena dalam kesehariannya jarang mengoperasikan komputer.

Meski mengalami kesulitan, namun wanita yang diberi tanggungjawab untuk membersihkan Candi Sumber Nanas di Kecamatan Ponggok tersebut tetap selesai mengerjakan naskah ujian.

"Tahun sebelumnya saya juga ikut paket B, tapi pakai kertas jadi enak. Kalau sekarang agak susah. Tapi tadi juga dibantu sama pengawas untuk masukkan password sama namanya," kata dia.

Pelaksanaan UNBK bagi peserta kejar paket C di Kota Blitar diikuti oleh 383 peserta dengan peserta tertua berusia 48 tahun. UNBK tersebut digelar di lima lembaga sekolah, yaitu di SMK PGRI 1, SMK PGRI 2, SMK PGRI 3, SMK Islam 1 Blitar dan SMK Katolik St. Yusuf Blitar.

"Hari pertama, para peserta akan mengerjakan naskah pelajaran Bahasa Indonesia dan Geografi untuk yang IPS, sedangkan yang IPA mengerjakan Bahasa Indonesia dan Kimia. Waktunya sama seperti umumnya 120 menit," kata Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (PNF) dan Pendidikan Anak Usia Dini Dinas Pendidikan Kota Blitar, Lulus Priyoananto.

 

Reporter: CF Glorian

Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter