Jelang Misa Natal, Tim Jibom & K9 Sterilisasi Gereja Bethany Surabaya

Unit K9 melakukan sterilisasi Gereja Bethany Surabaya

jatimnow.com - Polrestabes Surabaya bersama Tim Unit Jibom Polda Jatim melakukan sterilisasi di Gereja Bethany Surabaya yang berada di Jalan Nginden Intan Timur, Selasa (24/12/2019).

Sterilisasi yang dipimpin Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugraha dan Danrem 084/Baskara Jaya, Kolonel Infanteri Sudaryanto itu dilakukan untuk mengantisipasi aksi terorisme dan memberikan rasa aman serta nyaman bagi yang akan melaksanakan misa natal.

Loading...

Dari pengamatan di lokasi, sterilisasi tersebut dilakukan menggunakan alat deteksi metal detektor serta menerjunkan Unit K9 (anjing pelacak).

Dalam penyisiran yang dilakukan di Gereja Bethani, petugas tidak menemukan barang yang mencurigakan.

"Sterilisasi dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang melakukan ibadah di misa Natal nanti malam," kata Kombes Pol Sandi Nugraha.

Ia memastikan, 387 gereja se Surabaya juga dilakukan sterilisasi untuk memastikan keamanan oleh jajaran polsek.

Selain itu, untuk sinergitas harmonisasi dalam menjaga keamanan Kota Pahlawan, Polrestabes Surabaya juga telah mendirikan 24 pospam dan 1 pos pelayanan (posyan).

Sebanyak 2300 personil disiagakan untuk pengamanan natal dan malam tahun baru 2020.

"Sejauh ini TNI-Polri bersama pemerintah daerah telah melakukan pengamanan dan masih dalam kondisi aman. Untuk saat ini peningkatan keamanan ini kita pusatkan di 387 gereja dan 14 pusat perbelanjaan dan 10 tempat wisata di kota Surabaya," ungkapnya.

Menurutnya, polisi juga dibantu oleh Banser kota Surabaya untuk menjaga gereja sebagai wujud kerukunan umat beragama di Kota Surabaya.

Proses kesiapan pengamanan natal dan tahun baru diapresiasi Kepala Pastoral Gereja Bethany Surabaya, Eka Budianto. Ia mengaku berterima kasih kepada pihak kepolisian, TNI dan Banser yang telah hadir dalam memberikan rasa aman saat umat kristiani melakukan ibadah.

"Kita terima kasih kepada seluruh petugas yang telah hadir, selain pihak kami telah melakukan persiapan dalam keamanan namun dengan didukung oleh pihak kepolisian TNI dan Banser, maka saat akan ibadah nanti kita bisa lebih khusuk," katanya.

Berita Terkait