jatimnow.com
Rokhmin Dahuri Apresiasi Pasar Komoditi Nasional

Rokhmin Dahuri didampingi CEO Paskomnas, Hartono meninjau Pasar Induk Tangerang

jatimnow.com - Ketua Umum Gerakan Nelayan Tani Indonesia (GANTI) Rokhmin Dahuri mengapresiasi keberadaan pasar yang dikelola Pasar Komoditi Nasional (Paskomnas) Indonesia.

Rokhmin meninjau aktivitas salah satu pasar yang dikelola Paskomnas yakni di Pasar Induk Tangerang, pada Sabtu (28/12/2019) malam.

Didampingi CEO Paskomnas, Hartono, Rokhmin juga berinteraksi langsung dengan para pedagang pasar.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Gotong Royong ini mengapresiasi Paskomnas yang mengelola Pasar Induk Tangerang dengan perputaran uang di pasar seluas tiga hektar ini mencapai sekitar Rp 30 Miliar per hari.

"Pasar induk model ini sangat membantu para petani mendapatkan kepastian pasar bagi hasil panen mereka dengan harga yang saling menguntungkan dan relatif stabil," jelas Rokhmin.

CEO Paskomnas, Hartono mengatakan Paskomnas bertujuan mengembangkan jalur distribusi nasional komoditi pangan yang berkesinambungan dari sentra produksi hingga ke pusat distribusi.

Katanya, infrastruktur utama Paskomnas berupa pasar induk yang berada di kota-kota besar berfungsi sebagai media dalam pembentukan harga secara nasional.

"Sementara ini, di tahap pertama ada tiga pasar yang dikelola Paskomnas Indonesia. Selain Pasar Induk Tangerang, juga ada di Surabaya-Pasar Induk Osowilangun, serta Pasar Induk Jakabiring, Palembang," jelas Hartono.

Tahap kedua di Semarang dan Bandung. Tahap ketiga di luar Jawa antara lain, Banjarmasin, Samarinda, Pontianak, Makassar.

Loading...

Tahap empat di Lampung, Padang, dan Medan. Serta daerah lain hingga di Papua, yang masih dalam pengkajian lebih lanjut.

Berita Terkait