KTT ASEAN ke 32, Presiden Jokowi Saksikan 'Virtual Singapura'

Editor: Budi Sugiharto / Reporter:

Jokowi dan Jusuf Kalla/Istimewa

jatimnow.com - Bersama sembilan pemimpin negara anggota ASEAN, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi beberapa pameran yang digelar di lokasi KTT ASEAN ke-32, Hotel Shangrila, Singapura, Sabtu (28/4/2018).

Salah satunya adalah pameran mini "Virtual Singapura" yang diselenggarakan National Research Foundation (NRF).Presiden Jokowi juga mencoba teknologi "mobile wallet" yang dikembangkan raksasa telekomunikasi Singapura Singtel, yang diklaim dapat mendukung visi Konektivitas Masyarakat ASEAN.

CEO Singtel Internasional, Arthur Lang mengatakan teknologi tersebut akan mendukung visi Konektivitas Masyarakat ASEAN dan pasar digital tunggal yang menyambungkan 600 juta pelanggan grup Singtel (termasuk Telkomsel di Indonesia).

Presiden Jokowi bersama sembilan pemimpin negara anggota ASEAN mengunjungi pameran mini "Virtual Singapura" yang diselenggarakan National Research Foundation (NRF) di bawah payung Kantor Perdana Menteri Singapura di Hotel Shangrila, Singapura.

Teknologi "Virtual Singapura" menampilkan pembangunan Singapura dalam format digital 3D sesuai waktu dan dinamika secara riil.

Direktur Program NRF George Loh dalam paparannya mengatakan teknologi Virtual Singapura akan diluncurkan saat Pertemuan Smart Cities Dunia di Singapura pada pertengahan Juli 2018.

Konsep teknologi Virtual Singapura akan memungkinkan suatu negara membangun wilayahnya, baik di dalam maupun di luar ruangan, secara lebih berkelanjutan, ramah lingkungan dan sesuai pergerakan masyarakat.

"Teknologi ini bisa menjadi contoh, dan semua.negara anggota ASEAN bisa bekerja sama dan saling belajar. Singapura juga siap untuk melakukan kolaborasi dan asistansi," kata dia.

Selain dari NRF, pameran mini tersebut juga diikuti raksasa telekomunikasi Singapura Singtel yang menampilkan kecanggihan teknologi "mobile wallet" yang diklaim akan mengintegrasikan sistem pembayaan lintas negara dan lintas mata uang di ASEAN.

Selain itu, Presiden Jokowi dalam rangkaian acara KTT ASEAN ke-32 bersama pemimpin dan kepala negara ASEAN lainnya meninjau pameran "Smart Nation".

Sebelum ke pameran Smart Nation, Presiden Jokowi terlebih dahulu menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-32. Tiba di lokasi acara langsung disambut oleh Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan Madame Ho Ching kemudian menuju "Leaders' holding room".

Mantan Gubernur DKI itu kemudian bergabung dengan pemimpin dan kepala negara ASEAN yang lain untuk mengikuti pembukaan acara KTT ASEAN yang kali ini mengambil tema "Resilient and Innovative ASEAN." Presiden Jokowi mengikuti pertemuan KTT ASEAN ke-32 dan menyampaikan sejumlah pandangan-pandangannya.

Agenda terakhir Presiden selama di Singapura yakni pertemuan ke-11 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) yang juga akan digelar di tempat yang sama.

Presiden saat menyampaikan pandangannya dalam KTT ASEAN ke-32 menyebutkan bahwa selama lebih dari 50 tahun ASEAN telah berhasil menciptakan perdamaian, keamanan dan stabilitas serta kemakmuran bersama.

"Keberhasilan ini harus kita pertahankan, harus kita lanjutkan di tengah dunia yang sangat dinamis dan penuh ketidakpastian," kata Presiden Jokowi.


sumber: Antara
Editor: Budi Sugiharto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter