jatimnow.com
Pesona Bawah Laut Gili Ketapang Pikat Wisatawan

Wisatawan menikmati berenang di wisata Laut Gili Ketapang (Foto: Badrut Tamam/istimewa)

jatimnow.com - Keindahan wisata alam bawah laut pulau Gili Ketapang yang terletak di Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo memikat wisatawan yang datang berkunjung.

Pulau yang terletak di sisi utara Probolinggo dengan jumlah penduduk kurang lebih 10 ribu jiwa ini pada libur pergantian tahun mulai banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah.

Salah satu wisatawan, Badrut Tamam mengatakan dirinya sengaja memilih pulau Gili Ketapang sebagai lokasi wisata dalam liburan pergantian tahun baru. Menurutnya, kawasan pulau laut ini dinilai masih 'perawan'.

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

"Sungguh luar biasa indahnya terumbu karang yang bagus seperti halnya Taman Nasional Bunaken di Sulawesi Utara," katanya, Selasa (31/12/2019).

Perjalanan menuju pulau Gili Ketapang Probolinggo, wisatawan menaiki perahu melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo dengan jarak tempuh sekitar 40-45 menit. Bagi wisatawan yang berkunjung dikenakan tarif paket Rp 90 ribu.

"Harga itu termasuk makan dan minum serta tranportasi laut pulang pergi," terangnya.

Kades Gili, Suparyono mengatakan banyaknya wisatawan yang datang banyak membawa keuntungan terhadap perekonomian masyarakat.

"Banyak warga yang membuka paket wisata serta membuka warung makan," katanya.

Ia menyebut, jumlah kunjungan wisatawan ke Pulau Gili Ketapang setiap harinya berkisar 1000 orang. Wisatawan tersebut berasal dari warga Probolinggo sendiri, Malang hingga Kota Surabaya.

"Para wisatawan biasanya mengajak keluarganya berlibur di sini," ujarnya.

Loading...

Suparyono mengimbau agar warga yang membuka usaha dan wisatawan untuk tetap dapat menjaga kebersihan dari sampah.

"Agar Laut Gili Ketapang Probolinggo tetap indah dan menawan dan bebas dari sampah. Kalau bersih maka wisatawan tidak bosan untuk tetap berkunjung," harapnya.

Berita Terkait