jatimnow.com

Warga Jabodetabek Diminta Siaga Banjir

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, (Foto: Aprillio Akbar) 🔍
Banjir di Jalan DI Panjaitan, Cawang, (Foto: Aprillio Akbar)

jatimnow.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga Jabodetabek untuk bersiap menghadapi banjir. Dokumen-dokumen penting dan barang berharga diharapkan lekas diamankan dari tempat yang sekiranya dapat terendam air banjir.

"BMKG mempresiksi hujan lebat masih akan terjadi dari pagi hingga malam hari di wilayah Jabodetabek. Warga diharapkan untuk siaga dan bersiap-siap untuk menghadapi kemungkinan banjir," jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo, saat dikonfirmasi, Rabu (1/1/2020).

Ia meminta warga untuk menyelamatkan dokumen penting dan menyimpannya di tempat aman. Barang-barang yang dianggap berharga juga dapat dipindahkan ke tempat aman. Baterai cadangan pun ia ingatkan untuk disiapkan untuk mengantisipasi terjadinya pemadaman listrik.

"Pindahkan barang-barang berharga ke tempat aman, siapkan baterai cadangan untuk siap-siap jika ada pemadaman listrik," kata dia.

Loading...

BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat hingga pagi ini ada 43 titik banjir di Jabodetabek akibat hujan sejak Selasa (31/12) petang. Titik terbanyak ada di Bekasi, yakni 23 titik.

"Di awal tahun baru tanggal 1 Januari 2020 banjir menyapa warga Jabodetabek. BMKG memberi peringatan tentang akan adanya hujan deras di seluruh wilayah Jabodetabek dan kemungkinan akan terjadi banjir," jelas Agus.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh BNPB dan BPBD dari berbagai sumber, terdapat total 43 titik banjir di wilayah Jabodetabek. Titik-titik banjir itu terdiri dari 23 titik di Bekasi, dua titik di Bogor,17 titik di Jakarta, dan satu titik di Tangerang.

BMKG mengatakan curah hujan akan terus meningkat hingga Januari dan berlangsung sampai Maret 2020. Untuk 1 Januari 2020, hujan diprediksi turun dengan intensitas sedang hingga lebat.

"Peringatan dini cuaca Jabodetabek tanggal 1 Januari 2020 pukul 04.30 Wib masih berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat pada pukul 05.00 WIB," demikian kata BMKG dalam situs resminya, Rabu pagi. Hujan lebat diprediksi akan turun di sebagian besar wilayah Jakarta.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...