jatimnow.com

Hama Ulat Grayak Serang Ladang Jagung di Ponorogo

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Tanaman jagung di Ponorogo diserang ulat grayak 🔍
Tanaman jagung di Ponorogo diserang ulat grayak

jatimnow.com - Sedikitnya 1 hektar ladang jagung yang berada di Desa Ngilo-ilo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo diserang oleh hama ulat grayak.

Tanaman jagung yang baru berusia satu bulan tersebut terlihat berlubang dimakan ulat.

Salah satu petani jagung, Mursyid mengatakan akibat serangan hama ulat grayak tersebut mengakibatkan satu petak lahan jagungnya habis.

"Ini baru terjadi serangan ulat grayak. Sebelumnya tidak," katanya, Jumat (3/1/2019).

Loading...

Ia menyebut, berbagai cara telah dilakukan untuk mengurangi serangan ulat. Termasuk dengan menyemprot tanaman jagung menggunakan racun serangga.

Parlin, petani jagung lainnya mengaku jika dirinya terpaksa membeli benih baru karena dipastikan jagung miliknya gagal panen.

"Kalau sudah dimakan ulat maka jagungnya pupus tidak bisa tumbuh dan harus tanam baru. Jelas gagal panen," kata Parlin.

Di awal masa tanam ini, dirinya mengaku telah mengalami kerugian hingga Rp 1 juta mulai dari biaya benih, pupuk dan upah buruh tani.

"Kalau tidak tanam lagi rugi diperawatan, eman-eman (sayang) lahannya kalau nganggur. Kalau diteruskan juga tidak akan tumbuh sempurna," ujarnya.

Meski diserang ulat grayak, dirinya tetap memilih jagung sebagai komoditas yang ditanam karena para petani sudah paham dengan kondisi lahan.

"Baru kali ini kejadian serangan ulat sampai separah ini. Bahkan desa tentangga juga tanaman jagungnya diserang," pungkasnya.