Ketua LVRI Surabaya Hartoyik Tutup Usia

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

Foto Hartoyik dengan seragam veteran.

jatimnow.com - Inalilahi Wainailaihi Rojiun, Kabar duka menyelimuti Surabaya. Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Hartoyik, meninggal dunia, Sabtu (29/4/2018).

Simbol perjuangan arek-arek Suroboyo itu meninggal pukul 07.30 WIB di RSAL dr Ramelan Surabaya karena sakit. Saat ini jenazah Hartoyik di semayamkan di rumah duka Jalan Wonosari Kidul 2 Baru No 5 Surabaya.

Sukaeni, rekan sesama LVRI mengatakan bahwa Hartoyik menderita sakit karena faktor usia yang sudah tua.

"Saya baru tahu tadi pagi, makanya langsung kesini (rumah duka)," ujar Sukaeni kepada jatimnow.com saat ditemui di rumah duka, Sabtu (29/4/2018).

Hartoyik tutup usia di umur 88 tahun dan akan di makamkan di Taman Makam Pahlawan Jalan Mayjen Sungkono Surabaya. Dalam situs veteranri.go.id, Hartoyik tercatat sebagai Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) cabang Surabaya.

Saat ini kerabat serta rekan sesama veteran perang nampak mendatangi rumah duka. Karangan bunga ucapan belasungkawa pun terus berdatangan.

Pria yang lahir pada 15 Maret 1930 silam ini adalah saksi sejarah, sekaligus simbol perjuangan kegigihan arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

Bersama rekan LVRI lain, Hartoyik dijadikan teladan bagi generasi muda, khususnya arek-arek Suroboyo tentang semangat tak kenal takut melawan penjajah. Selamat jalan pahlawan.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter