jatimnow.com

Pemkab akan Sulap Alun-alun Ponorogo Jadi Sentra Wisata Malam

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Alun-alun Ponorogo 🔍
Alun-alun Ponorogo

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo akan menyulap alun-alun menjadi salah satu sentra wisata malam di Kota Reog.

"Kami libatkan perguruan tinggi untuk mengkaji desain yang paling pas. Area paving tengah harus kosong dan steril dari pedagang," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperdakum), Addin Andanawarih, Kamis (9/2/2020).

Ia menjelaskan, selama ini pedagang tidak tertata rapi saat menggelar dagangannya di alun-alun. Para pedagang diketahui berjualan di trotoar di luar alun-alun.

Loading...

"Pedagang sampai menjorok di area paving dan kurang rapi. Kenyamanan pengunjung juga perlu diperhatikan, apalagi alun-alun berada di pusat kota," ujarnya.

Bupati Ipong Muchlissoni sendiri telah memerintahkan untuk menata ulang Alun-alun Ponorogo. Ia ingin pusat kota menjadi lebih rapi, tapi tetap ramai.

"Nanti pedagang akan ditata di sisi barat dan timur dan ini sudah mulai dikavling. Desainnya eksklusif menjadi wisata malam," ujarnya.

Dari pendataan, tercatat ada 400 pedagang yang telah tergabung dalam paguyuban pedagang alun-alun. Disperdakum sendiri sudah mengantongi data by name by address.

"Nantinya tidak akan ada pedagang baru yang tiba-tiba menggelar lapak di alun-alun karena semua sudah kami data," pungkasnya.

Loading...