Gandeng Kicau Mania, Kapolda Jatim Serukan Pilkada Damai dan Anti Hoax

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud arifin melepas burung sebagai penanda dimulainya Kapolda Cup 2018.

jatimnow.com - Pecinta burung berkicau dari berbagai daerah di Jawa Timur berkumpul di halaman Markas Kodam V Brawijaya. Sebanyak 2500 burung akan beradu kicau memperebutkan piala Kapolda Jatim.

Sebelum pertandingan, para peserta maupun juri membacakan deklarasi Pilkada Damai dan menolak ujaran kebencian maupun berita bohong (hoax), dengan mengusung tema 'Polri Bersama Kicau Mania Menentang HOAX'.

"Kami sangat senang bahwa, putra putri Polri dan TNI bisa bergandengan tangan untuk bisa menyebarkan virus perdamaian di Jawa Timur," ujar Andika, Ketua Burung Berkicau Kapolda Jatim Cup 2018 saat memberikan sambutan.

Ia menambahkan, jumlah peserta sebanyak 2.500 ekor burung.

"Dari berbagai daerah di Jawa Timur dan beberapa daerah di luar Jatim," terangnya.

Pertandingan Burung Berkicau ini ditandai dengan pelepasan burung yang dilakukan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin dan Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Arif Rahman, di halaman Makodam V Brawijaya, Minggu (29/4/2018).

"Yang perlu dilakukan sentuhan, tidak jauh dari pilkada serentak dan antihoax anti SARA dan macam-macam, mendukung pilkada damai bersama komunitas kicau mania," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan usai membuka acara.

Kapolda mengatakan, kegiatan ini juga bagian dari rangkaian peringatan HUT ke 72 Hari Bhayangkara 2018.

"Alhamdulillah situasi aman," tuturnya.

Pertandingan Burung berkicau ini sangat seru. Burung yang berada di dalam sangkar saling bersahutan kicauannya. Ada juga burung yang berkicau dengan gerakan seperti orang berdzikir yakni kepalanya bergerak ke kanan dan ke kiri.

Keseruan juga terlihat di pemilik burung. Mereka yang berada di luar pagar pembatas, melambai-lambaikan tangan ke arah burung yang sedang bertanding. Bahkan ada yang berteriak-teriak memanggil nama burungnya.

Sedangkan para juri serius memberikan nilai burung yang berkicau. Panita penyelanggara pun berulang kali memperingatkan pemilik burung untuk tidak berteriak.

"Tolong jangan berteriak," pinta panitia melalui pengeras suara.

Lomba Burung Berkicau Kapolda Jatim Cup 2018 ini juga dihadiri pejabat utama Polda Jatim seperti Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo, Direskrimsus Kombes Pol Agus Santoso, Kabidkum Kombes Pol Arnapi dan pejabat utama lainnya. Sedangkan pejabat utama Kodam V Brawijaya seperti Kasdam Brigjen TNI Widodo Iryansyah.

Reporter: Jajeli Rois
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter