jatimnow.com

Kebakaran di Ponpes Modern Darussalam Gontor 2, Tidak Ada Korban

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Mita Kusuma
Ruang Pramuka Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 yang terbakar 🔍
Ruang Pramuka Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 yang terbakar

jatimnow.com - Ruang pramuka Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor 2 baru bisa padam setelah dua jam dilakukan pemadaman oleh 3 mobil dinas Pemadam Kebakaran (damkar) Pemkab Ponorogo dan truk tangki air dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Baca juga: Ruang Pramuka Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 Terbakar

"Setelah dua jam api bisa dipadamkan dan tidak ada korban," kata Kabid Ketertiban Umum, Ketentraman dan Kebakaran Satpol PP Pemkab Ponorogo, Siswanto, Selasa (21/1/2020).

Loading...

Ia menyebut, proses pemadaman berlangsung lama karena yang terbakar adalah ruang yang banyak terdapat bahan mudah terbakar.

"Tenda pramuka kan dari kain sehingga sulit untuk dipadamkan dan jumlahnya banyak," jelasnya.

Selain terbakarnya ruang pramuka, Siswanto menyebut ada 12 bilik juga yang terbakar. Setiap bilik berukuran 3 x 2 meter.

"Total ada dua ruangan besar. Nah di dalam ruangan ada 12 bilik yang ikut terbakar," ujarnya.

Kebakaran yang meludeskan dua ruangan dan peralatan yang digunakan untuk ekstrakulikuler pramuka santri Ponpes Modern Darussalam Gontor 2 itu kerugiannya diperkirakan mencapai Rp 150 juta.

Api sendiri mulai terlihat pada pukul 11.00 Wib, saat para santri masih melakukan aktivitas belajar. Para santri berusaha untuk memadamkan api sebelum meluas dengan cara menyiramkan air menggunakan peralatan seadanya.

Sementara itu, Kapolres Ponorogo menyebut kebakaran di Ponpes tertua di Bumi Reog karena korsleting listrik.

"Karena  konsleting listrik dan lokasinya di bilik  Pramuka paling ujung selatan," ujar Kapolres Ponorogo, AKBP Arief Fitrianto.