Penjual Terang Bulan di Gresik Relakan Rumahnya Jadi Galeri Seni

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Aktivitas di Rumah Karya Joko Iwan di Jalan Kapten Dulasim III/49, Gresik

jatimnow.com - Seorang penjual terang bulan yang juga seorang pelukis di Gresik, merelakan sebagian dari rumahnya menjadi galeri seni. Seniman bernama Joko Iwan (35).

Galeri seni milik Joko itu bernama Rumah Karya Joko Iwan (RKJI) yang berada di Jalan Kapten Dulasim III/49, Gresik.

Joko bercerita, bakat seni yang ia miliki sudah ada sejak dirinya masih kanak-kanak. Semasa kecil, dirinya kerap menggunakan kertas-kertas pembungkus makanan milik Muchtar, ayahnya yang juga penjual terang bulan.

"Di rumah banyak kertas pembungkus makanan. Saya sering menggambar dengan coklat kental yang biasa digunakan sebagai bahan membuat terang bulan," ungkap Joko kepada jatimnow.com, Minggu (26/1/2020).

Menginjak remaja, Joko bereksperimen dengan media yang lebih ekstrem. Karena belum punya banyak uang untuk membeli cat lukis, Joko malah kerap menggunakan ampas kopi sebagai pengganti cat dalam lukisan kertasnya.

Joko Iwan dan galeri seni di rumahnya di GresikJoko Iwan dan galeri seni di rumahnya di Gresik

"Kalau mood menggambar datang, saya pakai media apa saja yang ada, bahkan ampas kopi sekalipun. Yang penting hasrat menggambar terpenuhi," tutur pria kelahiran 30 Maret 1985 itu.

Bakat tersebut berlanjut hingga dirinya beranjak dewasa di mana dia mulai membantu mengembangkan usaha terang bulan yang dikelola orangtuanya.

"Sambil kuliah saya mulai belajar jualan terang bulan. Dari sini saya mulai punya uang untuk beli kanvas dan cat lukis," kenang bungsu dari lima bersaudara ini.

Selepas ayahnya meninggal, Joko lantas memegang kendali usaha keluarganya tersebut. Dari sinilah berlahan-lahan perekonomian Joko mulai membaik hingga dirinya mampu merenovasi rumahnya sebagai galeri seni.

"Membuat galeri seni adalah mimpi saya sejak dulu. Saya berpikir untuk dapat mengembangkan dunia seni rupa di Gresik, harus ada tempat yang dapat menampung karya-karya para seniman," ujar ayah satu anak ini.

Semenjak resmi dibuka pada Oktober 2019, RKJI sudah menggelar empat pameran seni rupa yaitu Pra Event Gresart#4 oleh 30 seniman Gasrug, Pameran Bersama "Manufaktur" oleh Firza-Dhimas-Akmal, Pameran Tunggal "Potret" oleh Mujib Darjo dan Pameran Tunggal "Arteis" yang merupakan karya Joko Iwan sendiri.

"Selain acara pameran, RKJI juga telah menyelenggarakan acara-acara lainnya yang melibatkan warga dan pelajar seperti pelatihan lukis kaos, damar kurung, karikatur, lettering, stensil, live sketch dan lain-lain. Alhamdulillah RKJI mendapat respon yang baik dari masyarakat," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter