Opini

Meraba Calon Pasangan Machfud Arifin di Pilwali Surabaya

Editor: Redaksi / Reporter: Budi Sugiharto

Machfud Arifin dan Azrul Ananda

jatimnow.com - Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin memberi sinyal seolah akan menggandeng Presiden Persebaya Azrul Ananda atau Aza sebagai calon wakil wali kota Surabaya. Benarkah?

Kesediaan putra mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan sangat diragukan. Sebab akan menciderai komitmen dia bahwa dirinya tidak berambisi terjun ke politik. Sikap itu, dia sampaikan melalui blog pribadinya happywednesday.id.

Lantas siapa yang akan dipilih Machfud Arifin? Jika tidak mengambil wakil dari generasi milenial, mantan Kapolda Jatim itu bisa saja meminang figur birokrasi alias ASN (Aparatus Sipil Negara). Birokrat yang dipilih nantinya harus bisa mempertebal suara kemenangan Machfud Arifin di pilwali tahun ini.

Artinya, mantan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Jatim ini harus lebih selektif mencari figur dari kalangan birokrasi. Figur tersebut harus dapat menjadi pemersatu di kalangan ASN, jangan memilih figur yang justru membuat ASN tercerai berai.

Satu lagi, figur birokrat tersebut adalah sosok yang senior alias memiliki jam terbang. Karena wakil nantinya tidak hanya menjadi ban serep, namun figur wakil harus dapat kerja bareng dan membantu sang wali kota.

Dengan teliti dan harus hati-hati karena figur ASN itu juga harus bisa diterima para politik pengusung Machfud Arifin. Sekali lagi, rekam jejak penentuan calon wakil wali kota harus diperhatikan.

Figur yang tidak banyak bicara tapi lebih mengutamakan kerja itulah yang dibutuhkan. Bisa memilih laki-laki atau birokrat perempuan.

Selain dari birokrasi, bisa saja Machfud Arifin menggali calon wakilnya dari partai atau kalangan profesional. 

Yang terpenting calon tersebut mampu menambah perolehan suara. Dan jika terpilih jadi wakil wali kota, dalam kerjanya tidak membebani atau justru nggandoli wali kota.

Keduanya harus bahu membahu mampu membangun Kota Surabaya lebih maju lagi. 

Siapa dia? Kita tunggu saja.

 

*Penulis adalah jurnalis jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter