Hujan Angin Terjang Blitar, Puluhan Rumah Rusak

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: CF Glorian

Hujan angin di Blitar merusak sejumlah rumah warga

jatimnow.com - Hujan deras disertai angin kencang membuat sejumlah rumah warga Desa Lorejo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, roboh, Senin (27/1/2020). Tercatat ada tiga rumah warga rusak parah dan 50 rumah rusak ringan.

"Angin kencang membuat pohon tumbang dan menimpa rumah saya. Saya pas ada di dalam rumah," kata Paijan, salah satu warga desa setempat.

Paijan menambahkan, hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 14.45 Wib. Terjangan angin bercampur air itu terjadi dalam waktu yang relatif singkat.

Saat itu, Paidjan berada di dalam rumah bersama empat anggota keluarganya, termasuk seorang bayi berusia lima bulan. Begitu pohon menimpa rumahnya, ia langsung menyelamatkan semua keluarganya.

Rumah warga di Blitar ambruk akibat hujan angin Rumah warga di Blitar ambruk akibat hujan angin

Sementara dari hasil pendataan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, ada tiga rumah warga yang rusak berat. Lokasi terparah berada di Dusun Krajan tepat di RW 1 dan RW 2. Sedangkan untuk jumlah kerugian, masih dalam proses kalkulasi.

Selain rumah dan kandang ternak, hujan angin juga membuat atap seng di bangunan perpustakaan SDN Lorejo 1 juga beterbangan.

"Yang rusak parah ada tiga rumah, yang ringan seperti genteng berhamburan itu sekitar 50 rumah," jels Kepala Desa Lorejo, Bambang Ismaki.

Hingga pukul 18.28 Wib, sejumlah petugas BPBD Kabupaten Blitar masih berada di lokasi untuk pendataan dan membantu membersihkan material.

"Untuk pemberian bantuan masih menunggu hasil asessment. Besok sesuai yang disampaikan pak camat akan dilaksanakan kerja bakti," tambah Kepala BPBD Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik.

Jika pendataan sudah selesai, Tim BPBD akan kembali ke kantor untuk menghitung kerugian. Sedangkan listrik padam juga sudah dalam penanganan petugas PLN.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter