Rumah Potong Hewan Janjikan Jual Daging Murah saat Ramadan

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Farizal Tito

Ketua Bawas RPH Rachmad Cahyadi (Batik putih) dan Teguh menjelaskan soal harga daging di RPH.

jatimnow.com - Fenomena kenaikan harga kebutuhan bahan pokok menjelang puasa dan lebaran tiap tahunnya selalu terjadi.

Namun Pemerintah Kota Surabaya sebisa mungkin mengontrol fenomena tahunan itu.

Melalui Rumah Potong Hewan (RPH), Pemkot Surabaya  berjanji akan menjamin harga kebutuhan pangan pokok daging akan tetap murah, dibawah harga pasar yang saat ini perkilogramnya sudah berada pada kisaran Rp 100 ribu.

Bela Bima Ferial Java, Direktur Jasa dan Niaga PD Rumah Potong Hewan (RPH) Surabaya mengatakan, pihaknya telah menggandeng BUMN, Gapoktan penyedia sapi dan Pemkot Surabaya, berencana menyediakan beberapa event untuk daging murah dibawah harga pasar.

"Event itu seperti pasar daging murah yang menyediakan daging dibawah harga pasar. Semisal di pasaran sudah Rp 100 ribu, kami berencana berada dibawahnya," tutur Bela Bima.

Selain itu, RPH juga akan menambah jam buka rumah daging yang dimilikinya, yakni mulai dari jam 08.00 WIB hingga 22.00 WIB.

"Selain itu, kegiatan operasional tahun ini, event RPH tahun 2018 akan lebih variatif seperti menjual daging murah di car free day, dan mengisi stand yang ada di bazar ramadan yang biasanya digelar oleh Pemkot Surabaya," ungkapnya.

Ia memastikan bahwa daging murah yang akan disediakan adalah daging lokal bukan import. Serta pihaknya berjanji akan memotong rantai distribusi daging yang selama ini dianggap menjadi penyebab mahalnya harga daging.

Ia memperkirakan kebutuhan daging di kota Surabaya sekitar 450 ton perkapita/ bulan, dan saat Ramadhan akan melonjak 20 persen maka RPH juga telah mempersiapkan 8-9 ton nantinya.

"Tiap hari kami memotong 150 ekor, menjelang ramadhan sudah ada stok 8-9 ton daging. Bahkan minggu ini sudah disiapkan dengan berkoordinasi dengan pihak terkait," urainya.

Sementara itu, Direktur PD RPH Teguh Prihandoko menambahkan bahwa perusahaan yang dipimpinnya akan tetap menjual produk inovasi daging kemasan yang sudah dipersiapkan dalam cold storage.

"Saat ini di cold storage PD RPH sudah ada sebabyak 750 kilogram. Saat ini pihaknya sudah menyiapkan dua mesin pendinginan dengan kapasitas total mencapai 12 ton. Pemotongan daging untuk kemasan ini akan dilakukan sampai sebulan penuh selama ramadan," paparnya.

Teguh berkeinginan daging murah yang dijualnya itu juga dapat dijual melalui online, yakni pemesanan bisa langsung memesan daging via web atau nomer WA yang tertera dengan bantuan pengiriman dari jasa ojek online.

Reporter: Fahrizal Tito

Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter