Giliran Tiga Sungai di Kejayan Pasuruan Tertutup Busa

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Busa menutupi sungai di Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan

jatimnow.com - Busa tebal kembali menutupi sungai di Kabupaten Pasuruan, Sabtu (15/2/2020). Busa tersebut terhampar di tiga sungai, yaitu Sungai Pacar Keling, Sungai Welang dan Sungai Wrati, Kecamatan Kejayan.

Penampakan busa yang menutupi sungai mulai malam hari kemarin itu membuat warga takut beraktivitas di sungai. Bahkan hingga pukul 12.00 Wib, busa itu masih terlihat.

"Warga sangat terganggu mas, kan warga sini banyak berktivitas di sungai, mulai mandi dan cuci baju," kata Abdul Majid, warga Desa Pacar Keling.

Majid menyebut jika Sungai Pacarkeling, Sungai Welang dan Sungai Wrati ini memiliki aliran air yang sama.

Baca juga:  Heboh Sungai Berbusa di Pandaan Pasuruan, DLH Turun Tangan

"Ini kan sealiran, pemicunya ini kemungkinan sama. Saya khawatir ini berdampak pada lingkungan dan kesehatan warga pak. Wong busanya setebal itu," ungkap Majid.

Warga lain bernama Musyafak menambahkan bahwa fenomena busa layaknya salju itu baru pertama kali terjadi, sehingga membuat masyarakat sekitar heboh. Meski khawatir, banyak warga yang berfoto di dekat busa itu.

"Kami tidak tau pak ini asalnya dari mana. Mungkin saja ini dari limbah pabrik pak," ucap Musyafak.

Warga berharap, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk menindaklanjuti.

"Ya harapan kami pemerintah turun. Kan takut juga airnya jadi berbahaya," pungkasnya.

Sebelumnya, tumpukan busa sepanjang 1,5 kilometer juga sempat menutupi Sungai Damper, Desa Tawangrejo, Kecamatan Pandaan. Setelah diselidiki DLH, Satpol PP dan masayrakat, pemicunya adalah tumpahan cairan pembersih dari pabrik pengolahan biji plastik yang bocor dan mengalir ke sungai.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter