10 Pesawat F-16 A/B TNI AU di Upgrade, KSAU: Setara Negara Maju

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mita Kusuma

Pesawat F-16 TNI AU di upgrade

jatimnow.com - Sepuluh pesawat tempur F-16 A/B TNI AU menjalani peremajaan (di upgrade) di hanggar Lanud Iswahjudi Maospati Magetan setelah 30 tahun mengudara.

"Dari tahun 1989 hingga 2019, baru kali ini kami lakukan upgrade. Kami lakukan pembaharuan, " kata Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Selasa (18/2/2020).

Ia menyebut, yang di upgrade pertama adalah structure atau airframe body pesawat agar penggunaan bisa lebih panjang. Kedua, upgrade avionic dan armament system.

"Pesawat kita sudah punya kemampuan setara negara maju. Radar juga kami upgrade. Selain rudal, pesawat juga mampu membawa peluru kendali," jelasnya.

Nantinya setelah di upgrade, pesawat F-16 A/B setara dengan negara maju.

"Setara dengan pesawat yang digunakan negara Amerika Serikat maupun Singapura," katanya.

Yang lebih membanggakan, proyek upgrade semua dikerjakan oleh teknisi dari TNI Angkatan Udara. Hanya saja untuk supervisi dibantu oleh pihak luar negeri.

"Pesawat itu diprotoli teknisi kita, harnes atau kabel-label juga dibuat oleh teknisi kita dan Supervisi Lockheed Martin hanya 3 atau 4 yang bekerja di kita," katanya.

Ia meneruskan, untuk pesawat F-16 C/D akan juga di upgrade. Secara struktur atau airframe sudah diremajakan waktu membeli.

"Tinggal avionik atau radar, sehingga tidak rumit. Jumlahnya 23 pesawat untuk F16 type C dan D," lanjutnya.

"Dengan di upgrade ini, pesawat bisa terbang 8000 jam," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter