Pixel Code jatimnow.com

Hujan Angin di Blitar: Pohon Tumbang Timpa Rumah hingga Tutup Jalan

Editor : Narendra Bakrie Reporter : CF Glorian
Hujan angin di Blitar tumbangkan belasan pohon
Hujan angin di Blitar tumbangkan belasan pohon

jatimnow.com - Hujan deras disertai angin kencang menerjang sejumlah wilayah di Kota dan Kabupaten Blitar, Jumat (21/2/20) sore. Dalam sepuluh menit, 17 pohon besar tumbang di 8 ruas jalan.

Pohon tumbang menimpa tiang listrik hingga membuat kabel terputus. Informasi di lapangan, pohon tumbang juga menimpa mobil pikap dan hampir menimpa tangsi perwira Polres Blitar. Pohon juga sempat menutup akses jalan.

Petugas gabungan dari Polri, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemkot Blitar dan relawan bergerak cepat membersihkan material pohon.

"Kita masih himpun data kerusakan yang timbul. Sementara kami dan tim gabungan menyingkirkan pohon dengan cara memotong pakai gergaji mesin yang menutup jalan, agar bisa dilalui kembali," kata Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard Sinambela.

Hujan angin itu terjadi sekitar pukul 15.01 Wib. Insensitas hujan yang deras bercampur angin terjadi dalam waktu sekitar 10 menit.

Baca juga:
Akses Jalan Poros Desa di Lamongan Ambles 1 Meter

Lokasi terparah terjadi di Jalan Kenari dan Jalan Sumatera Kota Blitar. Pohon ukuran besar yang tumbang sempat menutup akses jalan. Tumbangnya pohon membuat aliran listrik di Kota Blitar mati total.

Sejumlah anggota polisi juga disebar beberapa simpul kepadatan lalu lintas untuk mengurai kepadatan arus kendaraan karena traffic light juga padam.

Baca juga:
Hujan Deras dan Angin Kencang, Tower Provider Timpa Rumah di Sidoarjo

Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Blitar. Pohon tumbang menimpa dua rumah dan satu gedung TK di Desa Kuningan, Kecamatan Kanigoro. Total kerugian sekitar tiga puluh juta rupiah.

Tim gabungan saat ini masih fokus membersihkan material pohon tumbang yang juga menimpa tiang listrik tersebut.