jatimnow.com

Pilwali Surabaya 2020

Machfud Arifin Diusulkan Didampingi Ketua PCNU Surabaya

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Jajeli Rois
Machfud Arifin bersama Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri 🔍
Machfud Arifin bersama Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri

jatimnow.com - Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya Dr Muhibbin Zuhri diusulkan menjadi Calon Wakil Wali Kota Surabaya mendampingi calon Wali Kota Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Usulan itu disampaikan Effendy Choirie atau Gus Choi, pengurus DPP Partai NasDem yang juga mantan Ketua DPW Partai NasDem Jawa Timur.

"Machfud Arifin kan belum punya pasangan. Machfud memiliki latar belakang ksatria. Polisi kan ksatria yang berarti memiliki jiwa patriotik, memiliki wawasan kebangsaan, pasti pluralis," kata Gus Choi, Selasa (3/3/2020) malam.

Loading...

Gus Choi menerangkan untuk menjadi wali kota atau menjadi pemimpin di sebuah wilayah seperti Kota Surabaya, dari sisi wilayah memang lebih kecil dibandingkan ketika memimpin kepolisian level Jawa Timur atau polda.

"Birokrasi menangani seluruh aspek kehidupan, sehingga dia membutuhkan mitra atau wakil wali kota yang melengkapi dia," ujarnya.

Gus Choi yang juga warga nahdliyin (NU) ini mengusulkan mitra atau pasangan Machfud Arifin di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya tahun 2020 adalah Dr Muhibbin Zuhri.

"Saya mengusulkan sebagai aternatif adalah Ketua PCNU Kota Surabaya Dr Muhibbin Zuhri. Dia adalah intelektual, dosen yang juga aktifis atau berlatar belakang pergerakan juga, mantan Ketum PMII Surabaya," katanya.

"Nah berarti dia mempresentasikan kaum intelektual, mempresentasikan ulama, mempresentasikan aktivis agama, juga kultural keagamaan di Surabaya," tambahnya.

Ketika Machfud Arifin bergandengan dengan Ketua PCNU Surabaya, kata Gus Choi, akan menjadi pasangan yang lengkap.

Serta mendapatkan dukungan juga dari koalisi PKB, PAN, Gerindra, Demokrat, PPP dan Partai NasDem.

"Saya yakin ketika itu dipasangkan, kekuatan Machfud Arifin akan luar biasa. Karena Muhibbin kaum intelek di Surabaya terutama NU dengan instrusmennya PMII, Fatayat, Muslimat dan NU akan masif," terangnya.

Gus Choi menambahkan, warga nahdliyin memimpikan ada pemimpin di Kota Surabaya dari NU.

"Kekuatan NU luar biasa," terangnya.

Pada Pilwali tahun ini, diharapkan perwakilan NU ada yang menjadi pemimpin di Surabaya.

"Oleh karena itu kepada partai pengusung, jenderal Machfud Arifin memberikan kesempatan, mempertimbangkan Ketua PCNU Surabaya Muhibbin diambil, kecuali kalau dia tidak mau," jelas Gus Choi.