jatimnow.com

Enam Keluarga di Tugurejo Ponorogo Mengungsi Akibat Longsor

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Mita Kusuma
Tanah longsor di Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo 🔍
Tanah longsor di Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo

jatimnow.com - Enam keluarga yang terdiri dari 16 jiwa warga Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo mengungsi, setelah tebing dekat pemukiman mereka longsor.

"Saya sama keluarga dan warga lain langsung mengungsi, karena sudah longsor. Kurang 100 meter kena rumah saya," kata Miskun, salah satu warga, Kamis (5/3/2020).

Miskun mengaku terpaksa mengungsi karena kondisi tebing di dusunnya sangat membahayakan. Sebab pada 2018, di lokasi yang sama juga sempat longsor, meski tidak separah tahun ini.

"Tahun kemarin pohon sudah roboh, tanah retak-retak. Kejadian longsor parah baru sekarang ini," tambahnya.

Loading...

Longsor di Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten PonorogoLongsor di Dusun Tugunongko, Desa Tugurejo, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo

Sementara itu, Kepala Desa Tugurejo Siswanto menambahkan, tanda-tanda longsor di lokasi sudah muncul dari sepekan lalu. Sebab tanah yang semula sudah amblas, semakin ambles.

"Dan ternyata terjadi kemarin pukul lima sore. Dampaknya mengancam pemukiman warga. Ada enam rumah warga yang terancam, sehingga enam keluarga itu mengungsi ke rumah keluarganya," jelas Siswanto.

Polres Ponorogo sudah mengecek lokasi dan memasang garis polisi agar warga tidak mendekat.

"Kami mengimbau masyarakat di sekitar lokasi untuk mengungsi. Kita bekerjasama dengan BPBD untuk melakukan pemberian bantuan kepada para warga terdampak," pungkasnya.