jatimnow.com

Cegah Virus Corona, Masjid Al Akbar Gelar Apel Siaga dan Doa Bersama

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Fajar Mujianto
Antisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com) 🔍
Antisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya (Foto-foto: Fajar Mujianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19), Masjid Nasional Al Akbar Surabaya menggelar apel siaga Corona dan doa bersama, Senin (16/3/2020) pagi.

Kegiatan dimulai dengan senam cuci tangan, doa dan salawat bersama, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermol scanner, mencuci karpet dan minum jamu bareng. Kegiatan ini hanya dihadiri pihak internal Masjid Al Akbar, mulai imam, khatib hingga guru.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan, kegiatan ini diadakan menyusul himbauan walikota dan gubernur. Masjid Al-Akbar siap lahir batin menghadapi Virus Corona, dengan tetap menjaga kebersihan dan menggalakkan hidup bersih.

Antisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar SurabayaAntisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

Loading...

"Manfaat dari salawat adalah doa seger waras, bagaimana kita bisa tenang hati, tidak panik, tidak emosional dan tidak gupuhan (terburu-buru)," ungkap Helmy.

Helmy menambahkan, ada dua kegiatan yang diadakan di Masjid Al Akbar. Pertama apel siaga menghadapi Virus Corona, mulai mencuci karpet, mencuci tangan hingga bersih dan menempatkan fasilitas-fasilitas cuci tangan hingga membersihkan sanitasi.

Setidaknya ada 1.255 karpet dengan panjang 6 meter yang dicuci dan dijemur dalam kegiatan tersebut. Dan mulai hari ini, tidak ada karpet di ruang salat Masjid Al Akbar.

Antisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar SurabayaAntisipasi penyebaran Virus Corona di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya

"Untuk Salat Jumat, kami akan menerapkan thermal detector dan menyiapkan tim dokter yang sudah bersinergitas dengan pemkot dan pemprov," jelas Helmy.

Sebelumnya, pengurus Masjid Al Akbar juga sudah meningkatkan kebersihan seperti meningkatkan vacum karpet menjadi lima kali sehari dan menyediakan sabun tangan di area wudlu.