jatimnow.com

Ditemukan 6 Spesimen Positif Corona, Disebut dari RS di Surabaya

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Farizal Tito
Gedung Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya 🔍
Gedung Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya

jatimnow.com - Enam spesimen positif Virus Corona (Covid-19) dari total 172 di Indonesia per Selasa (17/3/2020) sore ditemukan, hasil penelitian Institute of Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga Surabaya.

"Iya benar, enam spesimen temuan dari ITD Unair," kata Ketua ITD Prof Maria Lucia Inge Lusida dikonfirmasi di Surabaya, Selasa (17/3/2020).

Inge menjelaskan spesimen tersebut berasal dari hasil swab pasien (pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan yang diuji di laboratorium) yang tengah dirawat di beberapa rumah sakit di Surabaya. Namun dirinya tidak membeberkan rumah sakit mana saja asal spesimen tersebut.

Loading...

"Spesimen dari berbagai rumah sakit di Surabaya yang diteliti dari hari Jumat (13/3) hingga Senin (16/3)," ungkap Inge.

Inge juga tidak bisa memastikan dari daerah mana keenam pasien tersebut berasal. Sebab rumah sakit di Surabaya merupakan rujukan utama daerah-daerah di Jawa Timur, bahkan dari luar Jatim.

"Rumah sakitnya di Surabaya, tapi pasiennya asal mana, saya tidak tahu. Itu bukan wewenang saya," tegasnya.

Untuk detail kasus positif Covid-19 tersebut, Inge meminta menanyakannya ke Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto.

"Tanyakan ke jubirnya Kemenkes (Kementerian Kesehatan), saya tidak diberi wewenang untuk itu," tambah Inge.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Corona Achmad Yurianto menyebut jumlah positif Virus Corona hingga Selasa (17/3) sore menjadi 172 kasus. Sementara jumlah korban meninggal tetap di angka lima kasus.

"Total saat ini adalah 172 kasus di mana kasus meninggal tetap lima," ujar Yuri dalam jumpa pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana di Jakarta.

Penambahan terbanyak dari Provinsi DKI Jakarta, disusul Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau.