Resep Bikin Cairan Disinfektan Pencegah Corona ala Kapolres Pasuruan

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Moch Rois

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mencoba bilik sterilisasi pencegah Virus Corona di mapolres

jatimnow.com - Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan membagikan cara membuat disinfektan pencegah Virus Corona (Covid-19) dengan bahan alami, Selasa (24/3/2020). Disinfektan itu diaplikasikan di bilik sterilisasi pencegah Virus Corona di mapolres.

"Setelah saya berkomunikasi dengan beberapa ahli di Intitut Teknologi Surabaya, di Universitas Bhrawijaya, mereka mengatakan jika NHCL atau garam, adalah salah satu bahan pembuat disinfektan pencegah virus," jelas Rofiq.

Diterangkan Rofiq, cara pembuatan disinfektan dari bahan baku garam tersebut dengan cara merebus. Serbuk garam itu dilarutkan ke dalam air, kemudian direbus dengan suhu 200 derajat celcius. Adapun takaran perebusannya yaitu setiap dua kilogram garam dicampur dengan 10 liter air.

Setelah air rebusan itu didiamkan dan sudah digin, bisa diaplikasikan untuk mensterilisasi tubuh luar manusia atau pun benda yang telah terpapar virus. Nah, cairan itulah yang digunakan Polres Pasuruan dalam membuat bilik sterilisasi di mapolres.

"Dan ketika diuapkan, maka dia bisa bermanfaat untuk mensterilkan kuman-kuman ini, insyaAllah salah satunya Virus Corona, dia posisinya bisa mati jika terpapar uap atau cairan yang posisinya ada di dalam bilik itu," ungkapnya.

Adapun pengaplikasian bilik sterilisasi ini akan diterapkan kepada setiap orang yang masuk ke Mapolres Pasuruan. Entah itu anggota kepolisian ataupun masyarakat umum.

"Karena menurut Mbah Nun (MH Ainun Najib), Virus Corona 'min khaitsu la yakhtasib' arahnya dari mana, datangnya dari mana kita tidak tau. Sehingga kita lebih baik mencegah," pungkasnya.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter