Dinas Pendidikan Minta Anak Diajarkan Nilai Kebaikan Lewat Dongeng

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Salah satu anak PAUD bersama orang tuanya.

jatimnow.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Blitar meminta agar orang tua mengajarkan kebaikan pada anak lewat mendongeng atau menceritakan tentang biografi orang sukses.

Dengan mendongeng dan menceritakan tentang kisah orang sukses dimasa muda, dinilai dapat memberikan motivasi. Sehingga anak dapat bertumbuh dengan baik serta memiliki karakter.

Kebiasaan mendongeng perlu dilakukan orang tua terlebih saat anak dengan pendidikan PAUD. Usia ini, anak sudah mulai mengenal cerita melalui gambar pada buku.

"Orang tua itu nggak hanya membacakan saja tapi juga menceritakan, memberi pengertian lewat buku. Karena anak usia PAUD belum memiliki kemampuan Calistung (baca, tulis, berhitung). Jadi, diharapkan bisa mendongeng lagi. Menceritakan orang sukses sehingga anak bisa terinspirasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Blitar Muhammad Sidik Sabtu (04/05/2018).

Pernyataan itu disampaikan Sidik disela-sela pelaksanaan Gernas Baku dan Gernas Manjur (Gerakan Nasional Baca Buku dan Gerakan Nasional anak Mandiri dan Jujur), yang digelar di Alun-Alun Kota Blitar.

Acara tersebut diikuti sedikitnya dua ribu anak PAUD beserta orang tuanya. Acara itu juga diisi kegiatan baca buku serta mengenal biografi orang sukses serta cerita tentang binatang yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Blitar.

Menurut Sidik, buku bisa dijadikan sebagai konsep awal dalam pola pendidikan karakter pada anak. Pada dasarnya pembelajaran bisa dilakukan berbagai sisi termasuk melalui metode praktek secara langsung.

"Contohnya iqro' itu. Membaca fenomena alam itu bagian dari iqro'. Bukan hanya baca saja tapi dipraktekkan. Misal kalau ada tumbuhan nggak dapat matahari bagaimana, terus kalau dikasih pupuk itu gimana. Itu literasi juga," terang dia.

Sidik menambahkan, melalui gerakan tersebut para orang tua semakin rajin dalam mendongeng dan bercerita pada anak. Para tua juga diminta untuk bisa memilih jenis buku yang sesuai untuk usia anaknya.

"Usia PAUD itu bagusnya buku yang banyak gambarnya, tentang binatang, tentang kepahlawanan. Buku yang bisa menarik anaknya untuk membaca. Setelah pulang dari sini, harapannya orang tua mau mengajak anaknya terlibat langsung pada pembelajaran yang ada di rumah," imbuhnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter