Dinas Pendidikan Dorong Sekolah Swasta di Blitar Raih Akreditasi

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: CF Glorian

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka.

jatimnow.com - 648 lembaga Sekolah Dasar (SD) yang terbagi di 22 Kecamatan, 16 persennya tidak mengantongi akreditasi sekolah. Dari 16 persen tersebut, nyaris semuanya adalah sekloah yang dikelola swasta.

Hal ini, tentu saja memiliki pengaruh pada sistem dan pola pembelajaran yang ada di sekolah-sekolah belum terakreditasi tersebut.

"Iya. Belum semuanya terakreditasi. Paling yang belum sekitar seratusan lebih. Kita terus mendorong pihak sekolah untuk itu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumarjaka ketika dihubungi jatimnow.com, Sabtu (05/05/2018).

Tak hanya itu, dari sekitar 482 lembaga SD yang sudah terakreditasi, tidak seluruhnya mendapatkan nilai atau akreditasi A.

Budi mengakui, hasil akreditasi yang kurang maksimal juga berdampak pada sistem atau pola pembelajaran yang ada di sekolah. Terlebih bagi lembaga SD yang belum terakreditasi.

"Makanya kami mendorong pihak sekolah untuk secepatnya menjadikan akreditasi. Penilaian sekolah atau akreditasi itu syaratnya cukup banyak, karena yang dinilai itu mulai dari administrasi, sampai ke kegiatan belajar mengajar atau KBM," ungkapnya.

Ia juga meminta kepada pihak sekolah yang sudah mengantongi akreditasi, namun dengan grid B dan C untuk melakukan pembenahan dimasing-masing lembaga. Hal itu dilakukan agar sekolah yang masih terakreditasi B dan C dapat segera naik tingkat menjadi terakreditasi A.

Budi menambahkan, meski sekitar 16 persen lembaga SD belum terakreditasi, namun untuk pendidikan SMP Negeri di Kabupaten Blitar dipastikan seluruhnya telah mendapatkan akreditasi.

"Kalau yang lembaga SMP Negeri yang kita punya, Alhamdulillah semuanya sudah terakreditasi A," imbuhnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter