Penyemprotan Cairan Disinfektan Bisa Melindungi Manusia dari Corona?

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Tangkapan layar pertanyaan dan jawaban pada website https://www.covid19.go.id/

jatimnow.com - Penyemprotan disinfektan disebut bisa melindungi manusia dari Virus Corona (Covid-19), juga bisa jadi tidak. Ulasan itu tertulis dalam tanya jawab di website https://www.covid19.go.id/.

Seperti dilihat jatimnow.com dalam website tersebut, Minggu (29/3/2020). Muncul sebuah pertanyaan "apakah penyemprotan cairan disinfektan dapat melindungi saya dari virus corona".

Terlihat sebuah jawaban yaitu "bisa ya atau tidak".

Cairan disinfektan bisa membersihkan virus pada permukaan benda-benda dan bukan pada tubuh atau baju dan tidak akan melindungi anda dari virus jika berkontak erat dengan orang sakit.

Virus berpindah melalui percikan batuk atau bersin orang sakit yang kemudian terhirup orang lain atau menempel di permukaan benda yang kemudian disentuh, lalu masuk melalui mata, hidung atau mulut orang lain.

Cairan disinfektan dapat membersihkan virus yang menempel di permukaan benda seperti meja, gagang pintu atau saklar lampu yang kerap disentuh orang.

Membersihkan permukaan benda-benda itu sangat penting bila anda melakukan isolasi diri di rumah. Dan untuk menggunakan cairan disinfektan, pastikan anda sudah membaca petunjuk di label produk. Pemakaian cairan disinfektan secara langsung ke tubuh secara tidak tepat dapat membahayakan diri anda.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter