CFD di Surabaya 6 Mei Diliburkan, Takut #2019GantiPresiden?

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Pemberitahuan peniadaan CFD pada Minggu (6/5/2018) oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemkot Surabaya

jatimnow.com - Humas Pemkot Surabaya M Fikser menegaskan jika peliburan car free day (CFD) di Jalan Raya Darmo dan Jalan Tunjungan, Minggu (6/5/2018) itu bukan karena isu gerakan #2019GantiPresiden.

Sebelumnya memang aktivis #2019GantiPresiden menggunakan CFD untuk 'sosialisasi'. Fikser menegasan liburnya CFD 6 Mei ini murni karena Pemkot Surabaya sedang menggelar agenda parade budaya dalam peringatan hari jadi ke 725 Kota Surabaya bertema Surabaya Vaganza.

"Tidak ada kaitannya dengan itu. Karena kita punya agenda tahunan parade budaya atau Surabaya Vaganza. Tiap tahunnya digelar tiap Minggu awal di bulan Mei," kata Fikser, Sabtu (5/5/2018).

Mengenai kegiatan politik yang digelar di CFD itu, Pemkot Surabaya ke depan akan mengeluarkan imbauan larangan agar CFD tidak dipakai untuk kegiatan politik sesuai dengan edaran Mendagri.

"CFD itu tidak dipakai untuk kegiatan politik apapun, tapi dipakai khusus untuk berinteraksi, berolahraga berkreasi. Jadi untuk kegiatan politik kan sudah ada ranah, waktu dan tempat berpolitik yang sudah diatur," katanya.

"Sebab jika ada kegiatan apapun di CFD maka harus ijin dulu ke dinas lingkungan hidup, tapi kalau berpolitik meskipun memita ijin di CFD pasti tidak akan diberikan," tambahnya.

Disinggung aksi #2019GantiPresiden yang juga digelar di CFD Taman Bungkul pada Minggu (29/4), pihak Pemkot Surabaya merasa kecolongan?

"Kegiatan kemarin kami tidak mengetahui apakah dia berizin atau belum," tandasnya.

Surabaya Vaganza

Fikser menjelaskan, untuk rute dan akses jalan dari arah luar kota menuju ke Surabaya (sisi Barat Raya Darmo) akan dibuka secara fluktuatif, artinya tergantung dari animo masyarakat yang hadir.

"Kalau penontonnya banyak, maka dimungkinkan jalan tersebut (sisi barat raya darmo) akan ditutup. Kira-kira acara besok selesai paling lambat pukul 12.00 Wib. Dan setelah itu akan dibuka kembali karena berbarengan dengan pertandingan sepak bola antara persebaya dan Arema besok," jelasnya.

Pengamanan Surabaya Vaganza, tambahnya. Pemkot telah menyiapkan sebanyak 3.700 orang, yang terdiri dari seluruh OPD, mulai tingkat kelurahan maupun kecamatan.

"Selain itu, sebanyak 253 orang jajaran dari kepolisian akan ikut membantu mengamankan  jalannya acara tersebut," tandasnya.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter