Cerita di Balik Penggagalan Penculikan Anak di Blitar


KOTA BLITAR :: jatimnow.com - Upaya penculikan anak di Kota Blitar, Jawa Timur, berhasil digagalkan.

Gagalnya penculikan anak berkat postingan komunitas di jejaring sosial Facebook. Melalui unggahan dan berbagai petunjuk masyarakat di sebuah grup bernama 'Info Cegatan Blitar'.

Anggota grup dengan akun bernama Arlya Meika yang pertama kali mengunggah postingan yang meminta bantuan warganet untuk menginformasikan keberadaan keponakannya bernama D (7) yang menghilang bermain di rumahnya di wilayah Selokajang, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

D dilaporkan memakai baju berwarna pink itu dibawa loleh seseorang lelaki yang mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion Nopol AG 5777 IX. Kejadian itu pada Minggu (25/2/2018) siang.

Video yang viral

Tak lama setelah diunggah, kabar penculikan itu mendapat respon penghuni grup. Bahkan sebuah akun bernama 'Demit Pring' memberikan informasi keberadaan pelaku dan si D di Dusun Sumberejo, Desa Karangrejo, Kecamatan Garum.

Pelaku disebut sedang membeli bensin dan makanan kecil serta berhasil direkam yang diunggah di grup tersebut dalam kolom percakapan. Pelaku tidak mau membayar  dengan dalih dompetnya tertinggal.

Informasi yang dihimpun, kerabat pedagang lantas menyuruh salah satu keluarganya mengikuti untuk mengambil uang. Ternyata setelah mengikuti,  pelaku akhirnya meninggalnya di jalan.

Dari informasi di media sosial itu, polisi akhirnya bisa membekuk pelaku. Sang admin grup dengan 'Sinyo' mengunggah foto pelaku yang ditangkap petugas Polsek Selopuro yang saat itu juga telah koordinasi Polresta Blitar.

Dalam berbagai foto yang diunggah itu menunjukan  seorang anak yang tengah mengusap air matanya. Pelaku atas nama M Rio Suhendra (22), warga Desa Purwokerto, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar.

"Kami tangkap semalam, sekarang kami masih memeriksanya," kata Kasat Reskrim Polresta Blitar, AKP Heri Sugiono, Senin (26/2/2018) siang.

Lebih lanjut ia mengatakan, pelaku ditangkap masih bersama korban. "Korban (D) selamat. Cuma dia masih trauma," tutupnya.


Reporter: Glorian Fira Varian
Editor: BS


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter