Pemkab Gresik Siapkan Dana Rp 150 Miliar untuk Penanggulangan Covid-19

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat peluncuran bantuan paket sembako bagi warga terdampak pandemi Covid-19

jatimnow.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik menyiapkan dana sebesar Rp 150 miliar untuk mendukung Tim Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona (Covid-19).

Hal itu disampaikan Bupati Gresik Sambari Halim Radianto saat peluncuran bantuan paket sembako bagi warga terdampak pandemi Covid-19, Selasa (7/4/2020).

"Pandemi Covid-19 tidak bisa ditanggulangi hanya dengan ucapan saja. Namun harus dilakukan dengan tindakan nyata dari berbagai pihak mulai dari pemda, polres, kodim, kejaksaan, pengadilan bergabung bersama-sama untuk berperang melawan Covid-19," ujar Bupati Sambari.

Menurutnya, untuk tahap awal, sebanyak 20 ribu paket sembako berisi 5 kilogram beras, mi instan, kecap dan lain-lain. Terdapat lima kecamatan yang mengawali pembagian paket sembako yaitu, Kebomas, Gresik, Panceng, Manyar dan Driyorejo.

"Hari ini kita mulai bergerak di bidang sembako. Rencananya pembagian sembako ini berjumlah 400 ribu paket yang akan dibagikan pada bulan April, Mei, Juni dan Juli dengan melihat situasi ke depan," terang Bupati Sambari.

Paket sembako ini akan dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Sedang data para penerima diambil dari data yang sudah tercatat di Dinas Sosial Pemkab Gresik, Bappeda Gresik dan Bagian Kesejahteraan Masyarakat, Setda Gresik.

Kebijakan lain yaitu dana desa paling lambat besok sudah bisa dicairkan. Menurut Bupati Sambari, dana desa ini bisa digunakan untuk penanganan Covid-19 sesuai prosedur yang telah ditetapkan atau perundangan yang berlaku.

"Dana tersebut bisa digunakan pemerintah desa (pemdes) untuk menyiapkan ruang isolasi diri bagi warganya yang mudik dan berstatus ODP. Selama diisolasi, pemdes juga wajib menyiapkan makanan bagi warga yang diisolasi selama 14 hari," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Gresik M. Qosim menambahkan, bantuan paket sembako itu dibagikan sesuai keadaan.

"Semoga keadaan bisa segera pulih, supaya semuanya bisa kembali normal. Karena itu kita harus mendukung upaya bupati serta semua yang terlibat agar bencana ini cepat berlalu. Dan kita harus menang melawan Covid-19," sambung Wabup Qosim.

Selain Bupati dan Wakil Bupati, acara yang digelar di halaman Kantor Bupati ini juga dihadiri Kapolres Gresik AKBP Kusworo Wibowo, Dandim 0817 Letkol Inv Budi Handoko, Kepala BPBD Gresik Tarso Sagito, Kabag Humas Pemkab Gresik Reza Pahlevi beserta beberapa pejabat lain.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter