Mabes Polri Usulkan Humas Jadi Satuan Kerja

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto

jatimnow.com - Mabes Polri mengusulkan bidang humas di setiap polda di Indonesia menjadi satuan kerja (satker) tersendiri dan tidak mendompleng anggaran dari Staf Pribadi Pimpinan (Spripim) Polri/Polda.

Hal itu disampaikan Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto kepada wartawan, disela acara diskusi publik yang digelar Bidang Humas Polda Jatim dengan mengusung tema Upaya Pencegahan Terhadap Konten Negatif Pada Era Keterbukaan Informasi Publik, di Hotel Mercure, Surabaya, Senin (7/5/2018).

"Saya sudah mengusulkan (menjadikan Bidhumas menjadi satker) sebenarnya tahun 2018, tapi ternyata masih belum. Mudah-mudahan tahun 2019 menjadi satker tersendiri dengan anggaran sendiri," ujar Setyo.

Ia mengatakan, Bidang Humas Polda sekarang ini memiliki peranan penting di organisasi kepolisian. Namun anggarannya masih mendompleng di Spripim.

"Sekarang ini bukan satker tersendiri. Jadi anggaran masih menumpang di Spripim. Jadi ini kan susah. Kalau sudah satker tersendiri, maka nanti anggaran bisa merancang sendiri, lebih fokus dan lebih maksimal," tuturnya.

Setyo menambahkan, jika sudah terbentuk menjadi satker tersendiri, maka akan terjadi penambahan fungsi di organisasi Bidang Humas Polda.

"Nantinya mendapat satu tambahan yakni Sub Bidang Multimedia. Karena di (Divisi Humas) Mabes Polri ada Biro Multimedia," katanya.

Penambahan Subbid Multimedia itu paling tidak ada di polda-polda di provinsi besar.

"Seharusnya paling tidak di polda-polda yang besar seperti Polda Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan harus ada Sub Bidang Multimedia," jelasnya.

Sementara itu, Wakapolda Jatim Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo mendukung rencana Bidang Humas menjadi satker tersendiri.

"Tugas Bidang Humas sekarang ini jauh berbeda dibandingkan dengan lima tahun yang lalu. Kabid humas sekarang ini tugasnya berat. Beliau menjadi corongnya organisasi kepolisian. Kami sepakat menjadi satker tersendiri," ujar Wakapolda Jatim.

Reporter: Jajeli Rois

Editor: Erwin Yohanes

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter