KPU Blitar Mulai Persiapkan Bilik dan Kotak Suara untuk Pilgub Jatim

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Petugas membersihkan bilik dan kota suara untuk persiapan Pilgub Jatim.

jatimnow.com – KPU Kota Blitar mulai mempersiapkan sejumlah logistik untuk persiapan Pilgub Jatim. Kali ini, KPU Blitar membersihkan bilik suara dan kotak suara di Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Blitar.

Ketua KPU Kota Blitar Setyo Budiono mengatakan sebanyak 500 bilik suara dan 300 kotak suara yang menjadi inventaris dibersihkan oleh petugas. Bilik dan kotak suara itu juga pernah digunakan pada saat Pilpres 2004 silam.

"Bagian dari tugas KPU ialah mempersiapkan logistik pemungutan suara, diantaranya menyiapkan logistik pemilu seperti kotak suara dan bilik suara. Yang sudah kita siapkan dengan dibersihkan," kata Setyo di kantornya, Senin (7/5/2018).

Pembersihan itu, kata dia, dengan mengambil sisa-sisa stiker yang tertempel, termasuk kotoran yang menempel pada kotak berbahan aluminium tersebut.

500 bilik suara yang dibersihkan KPU nantinya akan disebar ke 249 TPS di Kota Blitar, sedangkan 300 kotak yang dibersihkan akan digunakan untuk 249 TPS serta rekap data di tingkat PPS dan KPU Kota Blitar.

"300 kotak suara yang dibersihkan itu dengan rincian 249 untuk TPS se-Kota Blitar. Kemudian untuk rekapitulasi data maupun administrasi berupa form, kita sediakan masing-masing 5 kotak, jadi ada 15 kotak untuk 3 kecamatan, yang dua lagi kita persiapkan untuk KPU Kota Blitar," ungkap dia.

Sedangkan 34 kotak sisanya akan disiapkan untuk cadangan serta bakal digunakan untuk petugas yang akan ditempatkan di Rumah Sakit dan petugas keliling.

Setelah dibersihkan, 800 kotak suara dan bilik suara akan disimpan di sebuah gudang logistik milik KPU Kota Blitar.

"Kita persiapkan semuanya dengan baik, karena kotak suara itu kan tempat untuk menyimpan suara dan kedaulatan masyarakat," imbuhnya.

 

Reporter: CF Glorian

Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter