Sosok Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir di Mata Keluarga Papua Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Zain Ahmad

Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir (kanan) saat dipercaya menjadi Kapolrestabes Medan (Foto: Instagram Polrestabes Medan, 3 Januari 2020)

jatimnow.com - Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir dipercaya sebagai Kapolrestabes Surabaya menggantikan Kombes Pol Sandi Nugroho. Jhonny adalah putra asli Jayapura, Papua.

Mutasi itu tertera dalam Surat Telegram Kapolri Nomor: ST/1377/V/KEP./2020 dan ST/1378/V/KEP./2020 Tanggal 5 Mei 2020, seperti dilihat jatimnow.com, Jumat (1/5/2020).

Penasehat Paguyuban Keluarga Besar Papua di Surabaya Marthen Carel Korwa menyebut bahwa Jhonny adalah sosok abdi negara yang sangat dekat dengan keluarga Papua yang ada di Surabaya.

"Jhonny itu saya kenal masih baru selesai pendidikan waktu itu. Dia di Surabaya sangat lama. Saya tahu persis tugasnya waktu itu," ungkap Marten kepada jatimnow.com.

Menurutnya, Jhonny adalah sosok polisi dengan dedikasi luar biasa dalam bertugas.

"Luar biasa dedikasinya dalam bertugas. Smart, rendah hati, sederhana dan suka menolong," Marten.

Pria 60 tahun ini menambahkan, tidak akan terlalu sulit bagi Jhonny untuk membaca situasi dan menyelesaikan setiap persoalannya ketiga memimpin Polrestabes Surabaya.

"Saya rasa dia tahu betul Surabaya, karena dia lama di sini kan. Kalau dia masuk Surabaya, saya kira tidak terlalu sulit untuk membaca situasi Surabaya. Karena memang Surabaya sudah berkembang cukup pesat," papar pemusik ini.

"Dia punya kemampuan. Pasti dia mengatasi semua masalah yang ada di Surabaya. Yakinlah saya. Saya harap dia bisa mengatasi keadaan di Surabaya," sambung Marten.

Di sisi lain, Marten juga menyebut bahwa Jhonny sudah paham betul Bahasa Surabaya.

"Orang lama di Surabaya, pasti menguasai Bahasa Surabaya. Meski tidak tidak begitu lincah, tapi ngerti betul Bahasa Surabaya. Bahasa jawa halus saja dia tahu betul," ujarnya.

Sekedar diketahui, dari laman Wikipedia tertulis bahwa Kombes Pol Jhonny Edizzon Isir bukan wajah baru di Kota Pahlawan. Pada Tahun 2011-2012, dia pernah menjabat sebagai Kanit I Subdit II Hardabangta Ditreskrimum Polda Jatim.

Sebelum itu, Jhonny juga pernah menjabat sebagai KBO Serse Polres Surabaya Utara pada 1999—2000; Kanit Res Intel Polsek Krembangan Polres Surabaya Utara pada 2000—2001; Kapolsek Karangpilang Polres Surabaya Selatan pada 2003—2005; Kanit I Sat II Ekonomi Dit Reskrim Polda Jatim 2007—2008; Wakasat Serse Polwiltabes Surabaya pada 2008—2009 dan Wakapolres Surabaya Selatan Tahun 2009—2010.

Setelah bertugas di Jawa Timur, Jhonny bertugas di timur Indonesia yaitu menduduki kursi Kapolres Jayawijaya pada Tahun 2013—2014 dan Kapolres Manokwari pada 2014—2016.

Lulusan terbaik atau Adhi Makayasa AKPOL Tahun 1996 itu juga pernah dipercaya menjadi ajudan Presiden Jokowi pada Tahun 2017. Setelahnya, Jhonny menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Binkar SSDM Polri hingga mendapat promosi sebagai Kapolrestabes Medan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter