Wabah Virus Corona

5 TKI dari Hongkong hingga Taiwan Diamankan di Tol Gunungsari Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito Zain Ahmad

Kapolsek Wiyung Kompol Rasyad bersama petugas gabungan saat menemukan lima PMI dalam bus di Exit Tol Gunungsari, Surabaya

jatimnow.com - Sebuah bus dengan nomor polisi B 7636 WDA yang berangkat dari Jakarta dihentikan petugas gabungan saat melaju di Exit Tol Gunungsari, Surabaya, sekitar pukul 05.30 Wib, Senin (4/5/2020). Setelah dicek, ditemukan lima Pekerja Migran Indonesia (PMI).

Kapolsek Wiyung Kompol M Rasyad menyebut, bus itu disetop saat ia dan petugas gabungan melakukan check point pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan penyemprotan disinfektan untuk mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Check point dipimpin Kompol Rasyad itu melibatkan personel dari Polda Jatim, Polsek Wiyung, Polrestabes Surabaya, Brimob, TNI, Satpol PP, Linmas, Dishub dan Disnaker Surabaya.

"Dalam bus itu kami temukan lima orang PMI yang baru pulang dari Hongkong satu orang, Taiwan dua orang dan Brunei Darussalam dua orang dengan tujuan pulang ke kampung halamannya masing-masing," terang Rasyad.

Kapolsek Wiyung Kompol Rasyad bersama petugas gabungan saat menemukan lima PMI yang mau pulang ke kampung halamanKapolsek Wiyung Kompol Rasyad bersama petugas gabungan saat menemukan lima PMI yang mau pulang ke kampung halaman

Rasyad merinci, lima PMI atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terdiri dari tiga laki-laki dan dua perempuan. Yang pulang dari Hongkong adalah seorang perempuan 35 tahun asal Widang, Tubang.

Lalu PMI yang pulang dari Brunei Darussalam yaitu perempuan 49 tahun asal Banyuwangi dan laki-laki 54 tahun asal Tulungagung. Kemudian PMI yang pulang dari Taiwan yaitu laki-laki berumur 20 tahun asal Bangkalan Madura dan laki-laki 40 tahun, juga asal Bangkalan.

"Kami amankan mereka di dalam bus sampai petugas dinas kesehatan datang untuk melakukan pengecekan kesehatan. Kami juga melakukan pengecekan dokumen dan data pribadi," beber Rasyad.

Setelah petugas Dinas Kesehatan Kota Surabaya tiba di lokasi dan melakukan cek kesehatan, kelima PMI itu kemudian dibawa ke Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya untuk tahapan pengecekan selanjutnya.

"Awalnya kami koordinasi dengan Gugus Tugas Surabaya. Karena PMI ini berasal dari beberapa daerah di Jatim dan tidak ada yang dari Surabaya, maka diarahkan ke Gugus Tugas Provinsi Jatim," tambahnya.

"Untuk hasil pengecekan selanjutnya, itu kewenangan Gugus Tugas Provinsi Jatim," tandas Rasyad.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow4@gmail.com

Newsletter