Gugus Tugas Covid-19 Jatim: Ada Klaster Komunitas di Surabaya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Farizal Tito

Ketua Rumpun Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jatim dr Kohar Hari Santoso (kiri) bersama Gubernur Khofifah

jatimnow.com - Ketua Rumpun Tim Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Timur dr Kohar Hari Santoso menjelaskan perkembangan klaster-klaster yang ada di Jatim. Ia menyebut ada klaster baru di Surabaya.

"Di Surabaya ada klaster dari komunitas yang kemudian ada yang tinggal di asrama dan salah satunya ada yang dirawat di rumah sakit. Di komunitas ini akhirnya kita lakukan pemerikasaan rapid test tapi masih nunggu hasilnya," ungkap dr Kohar dalam jumpa pers secara daring bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Rabu (6/5/2020).

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Jatim itu juga meminta kepada kelompok-kelompok besar misalnya dari perusahaan atau komunitas tertentu yang sedang melakukan pemeriksaan karena ada anggotanya yang sakit hendaknya melakukan koordinasikan intensif dengan dinas kesehatan kabupaten setempat.

"Kemudian kalaupun ada yang diminta untuk melakukan pemeriksaan lebih dalam, misalnya ada yang melakukan rapid test kemudian dilanjutkan pemeriksaan swab, hendaknya bisa dikoordinasikan bersama supaya tidak lepas satu-satu, tapi dalam satu kendali yang baik hingga kemudian pemantauanya lebih intens," paparnya.

Selain itu, ia meminta masyarakat saling mendukung dan menghilangkan stigma yang kurang baik jika di wilayahnya ada warga yang sedang memelakukan isolasi mandiri.

Sementara itu, jumlah pasien positif Covid-19 di Jatim bertambah 58 orang hari ini. Dengan penambahan itu, maka jumlah pasien positif Covid-19 di Jatim menjadi 1220.

Hari ini juga terdapat 7 pasien di Jatim yang dinyatakan sembuh. Dengan penambahan ini, maka pasien positif Covid-19 di Jatim yang sembuh menjadi 205 orang atau setara 16,8 persen.

Sedangkan pasien yang meninggal ada 9 orang. Dengan penambahan ini, maka pasien positif Covid-19 di Jatim yang meninggal dunia menjadi 132 atau setara 10,82 persen.

Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) tercatat di angka 3645 dan orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 20.608.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter