Tim SAR Gabungan Simulasikan Kapal Terbakar di Dermaga Tanjung Perak

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Arry Saputra

jatimnow.com -Tim SAR gabungan yang terdiri dari Ditpolair Polda Jatim, Kesyahbandaran Utama, TNI serta PT Dharma Lautan Utama (DLU), mensimulasikan penanganan kebakaran kapal di tengah laut, Rabu (9/5/2018).

Dalam simulasi yang digelar di dekat Dermaga Ujung, Tanjung Perak Surabaya tersebut, penumpang dibuat seolah-olah panik. Beberapa diantaranya terjun ke laut.

Kepala Kator SAR (Kakansar) Jatim Prasetya Budiarto mengatakan, kegiatan simulasi seperti ini harus sering dilakukan, agar para kru kapal lebih sigap saat menghadapi situasi serupa.

"Agar kita lebih sigap mengevakuasi korban," tegas Budiarto, Rabu (9/5/2018).

Direktur Utama Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Surabaya Junaidi mengatakan, sejumlah stakeholder harus saling bahu membahu dalam aspek keselamatan dan keamanan, Tim SAR Gabungan dapat lebih mengenal dan mendalami tentang security management system.

"Semoga tak ada lagi korban jiwa di pelayaran Indonesia," tutupnya.

Simulasi ini melibatkan sekitar 170 personel gabungan menggunakan Kapal Setya Kencana 2 milik PT DLU. Kapal tersebut dibuat seolah-olah terbakar, kemudian Tim SAR gabungan mengevakuasi korban dan memadamkan kobaran api.

Reporter: Arry Saputra
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter