Baru Dua Bulan, 'Home Terminal' Pelindo III Diakses 14 Perusahaan

Editor: Arif Ardianto Narendra Bakrie / Reporter:

jatimnow.com - Sejak resmi diluncurkan awal Februari 2018 lalu, aplikasi mobile 'Home Terminal' milik Pelindo III sudah aktif dipakai 14 perusahaan pelayaran.

Sebab, aplikasi ini menjadi aplikasi yang bisa memangkas biaya operasional perusahaan pelayaran.

Chief Executive Officer (CEO) atau Pejabat Eksekutif Tertinggi PT Pelindo III, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra memaparkan, dalam Home Terminal terdapat 4 fitur layanan yang terintegrasi dengan sistem operasi terminal (TOS). Mulai dari vessel service, port activities, logistics, dan container management.

"Fitur tersebut juga memungkinkan pengguna jasa memantau pergerakan kapal dan barangnya, real time secara online," kata pria yang akrab dipanggil Ari Ashkara, Kamis (10/5/2018).

Ari sempat menunjukkan langsung penggunaan fitur aplikasi itu. Terlihat, dalam aplikasi Home Terminal, customer tidak hanya memperoleh layanan pemesanan jasa pemanduan, penundaan, dan tambat kapal saja. Tapi, customer juga bisa menerima layanan lanjutan seperti pengurusan dokumen, port clearance (persetujuan berlayar, bea cukai, imigrasi, dan karantina) yang dilakukan secara terintegrasi.

"Sampai sekarang sudah ada 14 perusahaan pelayaran yang aktif menggunakan aplikasi kami ini," beber Ari.

Ari menambahkan, aplikasi ini juga ditujukan untuk pelayanan kapal (vessel service), meliputi pemanduan (pilotage), penundaan (towage), penyandaran kapal (vessel berthing), pengisian bahan bakar (bunkering) dan pengisian air bersih (fresh water).

Selain itu juga terdapat jasa tambat (mooring/unmooring), pelayanan kapal (vessel handling), port clearance, penampungan limbah (waste disposal), daya kelistrikan (shore plug electricity), crew transfer, dan jasa terkait lainnya.

"Aplikasi asli buatan kami ini, sekarang sudah dipakai di anak perusahaan kami, yaitu TPS (Terminal Petikemas Surabaya) dan TTL (Terminal Teluk Lamong," imbuh Ari.

Kendati saat ini aplikasi Home Terminal hanya dapat melayani kapal-kapal yang akan sandar di pelabuhan wilayah kerja PT Pelindo III. Tapi Ari menyatakan, pihaknya sudah membagikan software aplikasi Home Terminal kepada Pelindo I, II dan IV agar ke depan layanan ini dapat diterapkan di seluruh pelabuhan di Indonesia.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter