Ini 165 Inovasi 'Pendidikan' di Jawa Timur


Pakde Karwo audensi dengan tim INOVASI

SURABAYA:: jatimnow- Berbagai inovasi di bidang pendidikan di berbagai darah di Jawa Timur. Tim INOVASI melakukan penelitian di berbagai daerah dan menemukan ada 165 inovasi yang ada di Jawa Timur.

"Kami mendapati sebanyak 165 inovasi proses pembelajaran masih berjalan dengan baik di provinsi ini," kata Tenaga ahli dari Tim INOVASI Prof Fasli Jalal disela audensi Tim INOVASI untuk Anak Sekolah, Kemitraan Indonesia-Australia yang dipimpin Konsulat Jenderal Australia di Jawa Timur Chris Barnes, di gedung negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya, Selasa (27/2/2018).

Inovasi tersebut ditemukan di beberapa wilayah 'Mataraman' sebanyak 83 buah. Wilayah 'Arek' 41 inovasi. Wilayah 'Pendalungan' sebanyak 32 buah dan wilayah 'Madura' sebanyak 9 inovasi.

Beberapa inovasi tersebut diantaranya, ide belajar numerasi di SDN Mojokarang, Kabupaten Mojokerto. Inovasi di bidang kepemimpinan di SDN Sumbr Gondo 2 Bumiaji, Batu.

"Misalnya di SDN Kebon Dalem, Mojosari, Mojokerto. Para siswa diwajibkan membaca buku bacaan sebelum masuk kelas dan menyampaikan masing-masing hasil bacaannya kepada teman lainnya, dengan pendampingan guru," ujarnya.

Katanya, para guru juga diharuskan menyusun buku ajar, termasuk menyertakan foto-foto nuridnya. Dan sekolah secara aktif menawarkan buku-buku kepada para siswa yang tertarik untuk pinjam buku.

"Konsepnya, siswa dibuat betah belajar di sekolah," tuturnya.

Prof Fasli berharap, inovasi yang ada di beberapa daerah di Jawa Timur, dapat disebarkan ke sekolah lainnya.

"Inovasi-inovasi tersebut diharapkan dapat disebarkan. Bukan hanya di tingkat kabupaten dan kota di Jawa Timur, tapi juga bisa disebarkan di tingkat nasional," jelasnya.

 

 

(Redaksi)

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter