Corona Mengancam, 20 Tempat Ibadah di Surabaya Ditutup Sementara

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Ilustrasi

jatimnow.com - 20 tempat ibadah yang terdiri dari 16 masjid dan 4 gereja di beberapa wilayah di Surabaya ditutup sementara. Penutupan dilakukan menyusul adanya warga di sekitar tempat ibadah tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Penutupan sementara itu sesuai dengan surat edaran tertanggal 12 Juni 2020 oleh Pemkot Surabaya melalui Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas).

Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa pengurus atau pengelola rumah ibadah diminta agar tidak melaksanakan semua kegiatan ibadah dengan waktu penutupan yang belum ditentukan.

"Diminta kepada pengelola atau pengurus untuk menghentikan dan atau tidak melaksanakan seluruh kegiatan di rumah ibadah sampai dengan adanya pemberitahuan lebih lanjut," ujar Kepala BPB Linmas, Irvan Widyanto, Minggu (14/6/2020).

Irvan yang juga bertugas sebagai Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya itu menyebut, penutupan sementara dilakukan lantaran ada warga di sekitar rumah ibadah itu terkonfirmasi positif Covid-19.

"Berdasarkan data yang ada pada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Surabaya, terdapat orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di sekitar atau lingkungan rumah ibadah itu," tambah Irvan.

Untuk 16 masjid yang ditutup sementara yaitu Masjid Al Mustaqim Menanggal 1, Gayungan; Masjid Tholabuddin Rungkut Lor VII Masjid, Rungkut; Masjid Al Hidayah di Siwalankerto III, Wonocolo; Masjid Al Istiqomah Gundih III, Bubutan; Masjid Nurul Iman Banyu Urip Lor, Sawahan serta Masjid Jamiyatul Hidayah Banyu Urip 1, Sawahan.

Kemudian Masjid As Shodiqin dan Masjid Bani Ruslani, keduanya berada di Wonorejo III, Tegalsari; Masjid Baitur Rohim Gunungsari 1, Wonokromo dan Masjid Sabillah Ngagel Tirto, Wonokromo.

Lalu Masjid Al Anshor Greges Timur, Asem Rowo; Masjid Nurul Fajar Tambak Gringsing III, Pabean Cantikan; Masjid Ainul Hasal Kapas MadyaIV, Tambaksari; Masjid An Najah Gading I, Tambaksari; Masjid Uswah Kedung Indah, Benowo dan Masjid Syuhada di Wiyung II, Wiyung.

Sedangkan empat gereja yaitu Gereja Jemaat Kristen Indonesia Jemaat Misi Menanggal 1, Gayungan; Gereja Protestan di Indonesia bagian Barat Hosea di Menanggal 1, Gayungan; GKB Shalom Raya Kendangsari, Tenggilis Mejoyo dan Gereja Bethani di Indonesia di Tambak Segaran VI, Tambaksari.

Untuk diketahui, Surabaya saat ini dalam masa transisi 14 hari menuju new normal setelah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tahap III disetop.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter