Video Gerombolan Buaya di Surabaya Dipastikan Tidak Benar

Capture video berjudul 'Surabaya timur Wonorejo'

jatimnow.com - Sebuah video yang memperlihatkan sungai dipenuhi gerombolan anak buaya beredar. Diklaim lokasinya itu di Wonorejo Surabaya timur. Benarkah?

Video pendek berdurasi 1 menit 30 detik itu bertuliskan 'Surabaya timur Wonorejo'. Dalam tayangan itu, tergambarkan sebuah perahu menyusuri rawa-rawa. Terdengar suara seorang pria yang menyebut rawa-rawa penuh anak buaya.

"Ya Allah medeni (menakutkan) Wonorejo Surabaya timur. Bajul e akeh rek (buaya e banyak kawan). Ya Allah isok gawe sak Nginden Kota gawe bancakan iki (Ya Allah bisa buat memenuhi se Nginden Kota buat bancakan). Subhanallah buaya e Surabaya timur melimpah.

Ayo yang butuh daging buaya. Golek dewe-dewe nyekel nang Wonorejo timur (Cari sendiri-sendiri memegang di Wonorejo timur). Perbatasan air tawar dan air laut. Masya Allah, medeni pol (menakutkan sekali)".

Kepala Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat (BPB Linmas) kota Surabaya, Irvan Widyanto saat dikonfirmasi memastikan jika video yang beredar itu tidak benar terjadi di Wonorejo.

"Tidak benar, hoaks," tegas Irvan kepada jatimnow.com, Jumat (19/6/2020).

Ia mengimbau bagi para pengguna media sosial (medsos) atau WhatsApp untuk tidak mudah mempercayai video yang beredar atau yang dibagikan orang lain.

"Jangan mudah percaya BC, harus hati-hati dan selektif dan jangan mudah share sebelum mengetahui secara pasti kebenarannya," kata Irvan.

Loading...

Informasi yang dihimpun jatimnow.com, video tersebut aslinya dari Negara Brazil.

Berita Terkait