PT INKA Bantu Alat Produksi untuk UMKM Terdampak Covid-19 di Madiun

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

PT INKA bantu alat produksi untuk UMKM terdampak Covid-19 di Madiun

jatimnow.com - PT INKA, salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pembuatan kereta api menyumbangkan alat bantu produksi seperti mesin jahit, gunting dan beberapa bahan untuk pelaku UMKM di Madiun yang terdampak Covid-19.

Elisa Candra Kartika Wati, salah satu pengelola UMKM pembuatan souvenir di Madiun menyebut, usahanya sempat gulung tikar terdampak Covid-19. Dia terpaksa merumahkan sejumlah pekerjanya.

"Saya sempat merumahkan lima penjahit saya Februari lalu," ungkap Elisa, Kamis (25/6/2020).

Setelah melihat sederet informasi di media, temasuk televisi bahwa saat pandemi ini diperlukan baju hazmat, Elisa pun banting stir membuat baju hazmat.

"Alhamdulillah dari lima pekerja yang terpaksa saya rumahkan, ini saya panggil dua lagi untuk membuat hazmat," jelasnya.

Dia mengaku cukup terbantu dengan bantuan yang diberikan PT INKA.

"Jadi terbantu. Ada mesin jahit baru. Jadi kalau ada pesanan hazmat maupun masker bisa cepat jadi," tutur Elisa.

Hal senada disampaikan pelaku UMKM, Surya Bagus Yunanto. Saat ini Bagus dan pekerjanya fokus memproduksi face shield.

PT INKA bantu alat produksi untuk UMKM terdampak Covid-19 di MadiunPT INKA bantu alat produksi untuk UMKM terdampak Covid-19 di Madiun

"Kalau saya sih petugas medis. Nah di puskesmas saya kan perlu face shield. Coba-coba buat malah laku," ungkap Bagus.

Bagus mengaku, kendala utama yang dihadapinya bukan soal biaya, tetapi alat produksi. Sebab dia melibatkan para tetangganya untuk memproduksi face shield tersebut.

"Mereka yang terdampak Covid-19 kan juga perlu penghasilan. Akhirnya saya ajak buat juga. Tapi itu tadi terkendala bahan," terangnya.

Dia lega karena PT INKA datang membantu alat produksi, mulai dari alat potong, palu dan tang yang diperlukan saat produksi.

Sementar Senior Manager Program Kemitraan dan Bina Lingkungan CSR dan Stakeholder Relationship PT INKA, Bambang Ramadhiarto menambahkan, keberadaan UMKM membantu mengurangi hilangnya pekerjaan.

"Kami hadir membantu agar yang terdampak Covid tidak terlalu banyak," jelas Bambang.

Dia mencontohkan, UMKM yang dikelola Bagus itu baru memproduksi face shield tiga bulan, tetapi sudah bisa mempekerjakan 25 orang.

"Jadi perlu kami suport, sementara alat produksi," tandasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter