Keren, Komplek Makam di Kota Madiun Disulap Jadi Beraneka Warna

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Mita Kusuma

Komplek makam aneka warna di Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun (Foto: Istimewa)

jatimnow.com - Warga Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun menyulap makam di kampungnya menjadi destinasi menarik. Mereka mengecat makam-makam tersebut dengan aneka warna.

Dari jalan dukuh masuk ke gerbang utama makam, tampak jalan paving dengan lebar sekitar tiga meter. Jalan paving itu bercat warna merah dengan pemandangan kanan kiri tanaman hias.

Pada gerbang utama bertuliskan Makan Umum Kelurahan Tawangrejo. Makam itu memiliki luas 1500 meter persegi berpagar tembok keliling setinggi sekitar dua meter. Pada dinding tembok juga tampak di hias cat bergambar aneka bunga warna warni.

Di sebelah kiri gerbang utama juga ada jalan paving dengan lebar sekitar dua meter berwarna merah. Sedangkan di tengah makam berdiri gazebo dengan genting berwarna merah.

"Alhamdulillah ini dulunya memang terkesan seram, gelap dan langganan banjir. Kini berubah indah dengan warna warni makamnya," ujar Penasehat Pengurus Makam Dukuh Nguwot, Kelurahan Tawangrejo, Gunawan, Minggu (28/6/2020).

Gunawan menjelaskan, di makam itu ada sekitar 200 an batu nisan yang berwarna-warni. Warna merah, kuning, hijau serta ungu, lanjut Gunawan, menjadi pemandangan saat masuk gerbang dari jalan utama kampung.

"Kalau makamnya sih banyak ya, sejak nenek moyang. Namun yang tanpak ini ada sekitar 200-an batu nisan yang dicat warna warni," ungkapnya.

Sementara Juru Kunci Makam, Nyono menjelaskan, saat malam hari makan juga penuh warna warni hiasan lampu lampion tergantung di pohon kamboja.

"Niki dalu njih sae lampu werna-werni boten serem. (Ini kalau malam hari bagus ada lampu warna-warni jadi tidak seram)," papar Nyono.

Sambil menyirami tanaman hias di sepanjang jajan masuk ke makam, Nyono mengaku sudah seminggu ini makam banyak dikunjungi warga yang berfoto.

"Sampun seminggu menawi katah ingkang foto-foto mriki (sudah seminggu ini kira-kira banyak yang foto di sini)," tururnya.

Nyono menambahkan, luas makam yang penuh warna warni ini sekitar 1.500 meter persegi yang terletak di pinggir desa perbatasan dengan Kelurahan Patihan.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter