Pilwali Surabaya 2020

Ketua PDIP Jatim: Machfud Arifin Merakyat

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Jajeli Rois

Kusnadi dan Machfud Arifin saat sama-sama menjadi tamu undangan Peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Mapolda Jatim

jatimnow.com - Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur yang juga Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan (DPD PDIP) Jatim Kusnadi menilai bahwa Calon Wali Kota (Cawali) Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin adalah figur merakyat.

Kusnadi dengan Machfud Arifin bertemu saat sama-sama menjadi tamu undangan acara tasyakuran Hari Bhayangkara ke-74 di Mapolda Jatim, Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Rabu (1/7/2020).

Pertemuan keduanya berlangsung ramah. Kusnadi dan Machfud Arifin memang sudah saling mengenal sejak Machfud Arifin menjadi Kapolda Jatim dan Kusnadi menjadi Wakil Ketua DPRD Jatim.

"Beliau masih aktif (polisi) saya di DPRD. Kita juga sudah lama kenal, sudah berinteraksi lama, komunikasi sudah lama," ujar Kusnadi.

Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu, Kusnadi yang juga Ketua DPD PDIP Jatim meminta Machfud Arifin yang sudah purna tugas dari kepolisian, menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim untuk pemenangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Saya minta untuk menjadi Ketua TKD Jatim dan disetujui oleh pusat. Dan beliau Ketua TKD yang membawa kemenangan Pak Presiden (Jokowi) dan KH Ma'ruf," terangnya.

Setelah tugasnya menjadi Ketua TKD Jatim selesai, Machfud Arifin menjadi calon wali kota Surabaya setelah mendapatkan dorongan dari sejumlah tokoh, seperti mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, Soekarwo (saat itu Gubernur Jatim) dan sejumlah ulama serta tokoh agama.

"Beliau orang yang saya pikir bermasyarakat dengan baik, merakyat," tuturnya.

Menurut Kusnadi, Machfud Arifin bisa menjadi wali kota Surabaya.

"Ya kalau Allah meridhoi," tambahnya.

"Beliau latar belakang sebagai Polri dan aparatur negara. Beliau punya disiplin, punya kapabilitas, punya kapasitas, ya tapi terserah pimpinan," jelasnya.

Tampak komunikasi antara Machfud Arifin dan Kusnadi begitu cair.

"Saya dikasih mandat beliau menjadi Ketua TKD di kantornya PDIP di Kendangsari," kenang Machfud Arifin.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter