Pilwali Surabaya 2020

Diwaduli UMKM, Lita Machfud Arifin: Disiapkan Minimarket per Kelurahan

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Jajeli Rois

Pertemuan pelaku UMKM di Surabaya dengan Machfud Arifin dan Ny Lita Machfud Arifin

jatimnow.com - Pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di kawasan Medokan Ayu, Surabaya menyampaikan keluhannya.

Istri calon Wali Kota (cawali) Surabaya Ny Lita Machfud Arifin menyampaikan ke depan akan menyiapkan mini market di setiap kelurahan untuk menjadi tempat penjualan bagi produk UMKM.

"Program khususnya yang direncanakan Pak Macfud adalah tentang mini market di setiap kelurahan. Misalnya Kelurahan Medokan Ayu akan membuat Medokan Ayu Mart," ujar Ny Lita Machfud Arifin usai menerima pelaku UMKM Medokan Ayu di kediamannya, Rabu (1/7/2020).

"Di situ akan menampung hasil-hasil UMKM. Kemudian menjual sembako, kemudian membuka lapangan pekerjaan untuk warga sekitar. Perkiraan kita untuk satu mini market setidaknya 15 karyawan," tutur Lita.

Lita yang juga pengurus pusat Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menambahkan, mini market tersebut tidak menutup kemungkinan bisa didirikan hingga di setiap rukun warga (RW).

"Tidak menutup kemungkinan bisa dibuat sampai per RW, karena meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari yang mulai paling bawah," katanya.

Pelaku UMKM di kawasan Medokan Ayu, Surabaya menyampaikan keluhan kepada Ny Lita Machfud Arifin

"Jadi kan setiap keluarga memerlukan membeli bahan sembako. Dari pada beli di tempat lain, mereka bisa beli di lingkungannya sendiri dengan harga lebih murah. Dan hasil dari mini market itu bisa dikelola kembali untuk kepentingan warga di situ," tambahnya.

Beberapa pelaku UMKM di wilayah Medokan Ayu wadul ke cawali Machfud Arifin. Mereka ditemui Ny Lita Machfud Arifin serta Ketua Tim Pemenangan Machfud Arifin, Gus Amik.

Muji Rahayu, pelaku UMKM di bidang rias pengantin hingga pigura mengatakan, kondisi saat ini tidak bekerja dan sepi. Sampai saat ini juga tidak mendapatkan bantuan.

"Kalau usaha dikira masih ada uang. Karena kalau dilihat, kurang nggak, lebih juga nggak. Jadi kita di tengah-tengah," ujarnya.

"Mudah-mudahan Pak Machfud Arifin menjadi lebih baik dari yang kemarin, wali kota sebelumnya," tambah Muji Rahayu.

Ia menilai, calon Wali Kota Surabaya Machfud Arifin orang yang baik. Sedangkan istrinya, Ny Lita Machfud Arifin juga baik dan memiliki pengalaman di bidang UMKM.

"Pak Machfud ini orangnya baik. Bu Lita juga baik dan punya pengalaman. Insya Allah memberikan harapan untuk UMKM agar lebih baik lagi untuk selanjutnya setelah pandemi ini," jelasnya.

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter