Pixel Code jatimnow.com

Tingkatkan Kesuburan hingga Cegah Kanker, Lengkuas Melimpah di PIOS

Editor : Sandhi Nurhartanto Reporter : Sahlul Fahmi
Lengkuas melimpah di PIOS
Lengkuas melimpah di PIOS

jatimnow.com - Pasokan bumbu dapur yaitu lengkuas atau yang biasa disebut dengan laos melimpah di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS).

Lengkuas sendiri selain dikenal sebagai bumbu masakan ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari gizi hingga khasiatnya mencegah dan mengobati bermacam penyakit.

Mulai dari pengobatan untuk diare, mencegah tumor dan kanker, meringankan asma, meredakan batuk, sakit tenggorokan dan suara serak, mengobati luka bakar, membantu meredakan masalah ketombe dan kulit kepala serta meningkatkan kesuburan bagi pria dan wanita.

Melihat banyak manfaat kesehatan itu, para pedagang di PIOS mendatangkan lengkuas dari Ponorogo, Kudus dan Bandung.

Salah satu pedagang yang menjual lengkuas, Markini menjelaskan jika yang dari Kudus dan Bandung biasanya didatangkan jika pasokan dari Ponorogo tidak sedang panen.

"Seringnya memang dari Ponorogo, tapi kadang ada juga yang dari Kudus dan Bandung. Biasanya kalau dari Ponorogo telat, kami langsung kontak distributor lengkuas Bandung," kata Markini kepada jatimnow.com, Selasa (21/7/2020).

Baca juga:
Rock Melon asal Blitar Jadi Favorit Pelanggan PIOS

Dalam sekali pengiriman, lengkuas yang masuk ke PIOS mencapai satu mobil pikap berdaya angkut 2,5 ton. Nantinya mobil pasokan lengkuas tersebut didistribusikan ke beberapa lapak pedagang yang berada di blok G dan blok F.

"Tiap pedagang ngambilnya berbeda-beda. Yang punya pelanggan banyak ya ngambilnya juga banyak. Pokoknya tergantung masing-masing pedagang," ujarnya.

Sedang untuk harga lengkuas di pasar induk yang terletak diantara pintu Tol Romokalisari dan Pelabuhan Teluk Lamong itu berkisar di harga Rp 8 ribu per kilogram.

Baca juga:
Dapat Harga yang Bagus, Petani Gresik Ingin Pasok Hasil Panen Semangka ke PIOS

"Kalau untuk penjualan lengkuas di lapak saya rata-rata per hari bisa laku 30 sampai 50 kilogram," tandasnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com