Melihat Makam Ikan Paus yang Dikeramatkan Nelayan di Probolinggo

Editor: Sandhi Nurhartanto / Reporter: Mahfud Hidayatullah

Makam ikan paus di Pantai Tugu Probolinggo

jatimnow.com - Keberadaan makam ikan paus di Pantai Tugu yang berada di Dusun Tambak, Desa Pabean, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo banyak dikunjungi wisatawan.

Di atas kuburan ikan paus, warga memasang dua batu nisan layaknya manusia yang meninggal. Selain itu, di atas makam ikan paus dibuat bangunan dari tiang bambu yang beratapkan ijuk.

"Ikan paus ini terdampar dan mati di pinggir pantai ini sekitar Tahun 2016 silam," kata salah seorang penjaga parkir Pantai Tugu, Joko, Senin (27/7/2020).

Diceritakannya, ikan paus yang memiliki panjang 6 meter itu ditemukan mati. Warga serta nelayan bergotong royong memindahkannya dengan cara menggotongnya dan kemudian menguburkannya.

Menurutnya, warga bersama nelayan kemudian sepakat memasang nisan layaknya kuburan manusia karena ramainya jumlah kunjungan wisatawan.

Di hari biasa, wisatawan yang berkunjung biasanya hanya 20 orang. Namun saat hari libur, jumlah pengunjung di lokasi itu mencapai 300 orang.

"Dulunya tidak ada batu nisannya, hanya dikasih batu sungai saja. Namun akhirnya warga menggantinya dengan dua batu nisan," jelasnya.

Selain itu, pemasangan batu nisan dilakukan karena sebelumnya ada seorang pengunjung yang sakit dengan tubuh kaku (stroke) karena diduga melakukan perbuatan yang kurang baik.

"Setelah itu keluarganya datang dan melakukan ritual di makam paus ini. Alhamdulillah diberikan kesembuhan. Karena di lokasi pantai ini tidak boleh sembrono apalagi melakukan perbuatan yang kurang baik. Selain itu, nelayan yang akan melaut biasanya akan memberikan sesajen agar banyak tangkapan," terang dia.

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter