Kemenlu: Seorang WNI Terluka Imbas Ledakan Besar di Beirut

Editor: REPUBLIKA.co.id / Reporter: REPUBLIKA.co.id

Warga berlarian dari lokasi ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon, Selasa (4/8) waktu setempat (Foto: AP/Hassan Ammar)

jatimnow.com - Seorang Warga Negara Indonesia (WNI) di Beirut, Lebanon dikabarkan terimbas ledakan besar, Selasa (4/8) waktu setempat. WNI tersebut mengalami luka ringan.

"Salah satu korban luka adalah WNI yang telah berhasil dikontak KBRI dan saat ini dalam kondisi stabil serta dapat berkomunikasi dengan baik," demikian bunyi pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Rabu (5/8/2020).

Perwakilan RI di Lebanon (KBRI Beirut) akan terus melakukan pendampingan kepada korban hingga pulih.

"KBRI Beirut juga melakukan koordinasi dengan otoritas setempat dan melakukan pengecekan kepada WNI lainnya yang berada di Beirut," ujar pernyataan tersebut.

Dalam catatan KBRI, terdapat 1.447 WNI di Beirut. Sebanyak 1.234 di antaranya adalah Kontingen Garuda dan 213 merupakan WNI sipil termasuk keluarga KBRI dan mahasiswa. KBRI Beirut dapat dihubungi melalui hotline pada kontak +961 3199 493.

Pada Selasa (4/7), telah terjadi ledakan sangat besar di Port of Beirut Lebanon pukul 18.02 waktu setempat yang mengakibatkan korban meninggal dan luka-luka. Pemerintah Indonesia juga telah menyampaikan simpati kepada Pemerintah Lebanon dan juga belasungkawa kepada keluarga korban.

Lokasi ledakan berdekatan dengan Downtown Beirut dan berjarak sekitar tujuh kilometer dari KBRI Beirut. Sejauh ini belum ada keterangan resmi penyebab ledakan.

 

Lihat Artikel Asli

DisclaimerBerita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter