Dukungan untuk Cawali Surabaya Machfud Arifin Makin Tak Terbendung

Editor: Budi Sugiharto / Reporter: Jajeli Rois

Bersama Fatayat NU

jatimnow.com - Dukungan untuk Machfud Arifin sebagai Wali Kota Surabaya semakin tak terbendung.

80 pengurus RT dan RW di Kelurahan Kalirungkut, Kecamatan Rungkut kompak mendukung mantan Kapolda Jatim itu.

Bahkan mereka serentak berikrar untuk mengantarkan mantan Ketua Tim Pemenangan Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin Jawa Timur itu sebagai penerus Tri Rismaharini.

"Kami warga Kalirungkut siap menggalang dukungan dan memenangkan Pak Machfud Arifin sebagai wali kota," teriak ratusan pengurus RT dan RW Kalirungkut saat bertemu Machfud Arifin, Kamis (6/8/2020).

Warga lintas daerah yang tinggal dan ber-KTP Surabaya ramai-ramai juga memberikan dukungan Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

Seperti warga Nusa Tenggara Timur (NTT) yang tergabung dalam Keluarga Besar Flores, Sumba, Timor, Alor (Flobamora) yang sudah menetap menjadi warga Surabaya. Mereka siap memenangkan Machfud Arifin.

"Kami ingin memberikan dukungan kepada Pak Machfud dalam pemilihan wali kota ini. Karena warga NTT kepingin sosok untuk memimpin Kota Surabaya adalah Pak Machfud Arifin," terang Ketua Umum Flobamora Bersatu, Mikedon Henki Tanaem pada Minggu (26/7/2020) malam.

Demikian pula pengusaha travel haji dan umrah siap mendukung. "Kita akan bergerak mensukseskan Pak Machfud menjadi wali kota Surabaya," ungkap H Moch Mas Amiruddin, owner Ziarah Hati Indonesia, Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, Machfud Arifin merupakan sosok yang tepat untuk memimpin Surabaya karena Kota Pahlawan ini butuh seorang pemimpin yang berpengalaman.

"Kalau Pak Machfud sudah tidak diragukan lagi, beliau ini sudah teruji membawa perubahan saat memimpin di instansi Polri menjadi kapolda di tiga daerah," katanya.

Machfud Arifin dan Ny Lita Machfud Arifin, istrinya, menjadi magnet saat bertemu anggota Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Surabaya. Keduanya jadi rebutan foto bersama.

Cak Machfud Arifin dan Ning Lita dengan sabar melayani puluhan anggota Fatayat NU yang minta berfoto, Rabu (5/7/2020).

Dengan menerapkan protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, para anggota Fatayat NU rela menunggu Cak Machfud Arifin dan Ning Lita turun dari panggung usai bersalawat nariyah bersama dipimpin Nyai Hj Ulayah.

"Pak Machfud dan Ibu Lita, minta foto bareng dong pak. Saya doakan jadi walikota dan sukses membawa perubahan untuk Surabaya ya," celetuk wanita yang berada di tengah kerumunan massa yang ingin berswa foto.

Nani Fadhila, salah satu anggota Fatayat NU Cabang Kenjeran yang turut berswa foto dengan Machfud Arifin dan Ny Lita mengaku ingin berfoto karena kagum dengan sosok mantan Kapolda Jatim itu.

"Kagum dengan profil dengan Pak Machfud Arifin. Harapan kami jika beliau menjadi walikota, Surabaya lebih baik lagi dan khusunya peduli dengan pengajian, guru ngaji di TPQ di kampung dan ibu-ibu pengajian," ujar perempuan asal Kedinding Lor itu.

Ratusan warga dan tokoh masyarakat Kalibutuh, Kecamatan Bubutan juga kompak menyatakan dukungannya kepada jenderal bintang dua yang banyak melakukan pembangunan di Mapolda Jatim ini.

Pernyataan tersebut diikrarkan ketika mengadakan pertemuan bersama dengan Machfud Arifin pada Selasa (4/8/2020) malam.

"Para tokoh masyarakat dan agama di wilayah Kalibutuh yang hadir di sini semuanya sepakat mendukung dan akan menyuarakan Pak Machfud Arifin di masyarakat," kata tokoh masyarakat Kalibutuh, Imam Bukhori saat acara sapa warga di Balai RW O6, Kalibutuh Barat.

Imam Bukhori mengatakan, Surabaya membutuhkan pemimpin yang memiliki kredibilitas dan rekam jejak yang jelas. Karakter yang dibutuhkan masyarakat tersebut ada pada sosok Machfud Arifin.

"Kami di Surabaya membutuhkan pemimpin yang berpengalaman seperti Pak Machfud Arifin agar aspirasi masyarakat dapat terealisasi dan Surabaya menjadi lebih maju dari saat ini," lanjutnya.

Tidak ketinggalan, Komunitas Guru SMP swasta Surabaya juga memberikan dukungan.

"Kami sudah merasakan wali kota sebelumnya. Betapa sulitnya menemui. Ta rewangi (saya membantu) demo bersama semua guru karena kami tidak mendapatkan murid. Tapi tetep ae nggak ditemui. (Tapi tetap saja tidak ditemui)," ujar Sakib, Humas MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Swasta Surabaya Barat., Selasa (4/8/2020) malam.

Ratusan sopir angkutan kota (angkot) yang tergabung dalam Komunitas Angkutan Kota Surabaya (KAKS) itu mantap mendeklarasikan dukungannya kepada Machfud Arifin.

Dalam deklarasi dukungan yang digelar pada Selasa (4/8/2020) siang itu, para sopir angkot begitu antusias melihat kedatangan pria asli Ketintang, Surabaya tersebut.

Perempuan Entrepreneur MA Wali Kota Surabaya (Permata) juga tak mau kalah mendeklarasikan diri untuk dukungan dan memenangkan Machfud Arifin.

Puluhan perwakilan perempuan entrepeneur Surabaya itu langsung bertemu Machfud Arifin dan Ny Lita Machfud Arifin pada Senin (3/8/2020).

Ketua Permata Surabaya, Etty Ariaty Soraya mengatakan anggotanya terdiri dari ibu-ibu rumah tangga, guru dan dosen perempuan kreatif yang ikut menopang ekonomi keluarga itu siap mendukung Machfud Arifin menjadi penerus Tri Rismaharini.

"Kami harus tetap berdaya, apalagi di tengah pandemi. Lakukan dan ciptakan kreasi yang bernilai ekonomi. Kami para perempuan entrepreneur memimpikan pemerataan dan kemudahan aksebilitas usaha kami," kata Etty.

"Penentu pendidikan perekonomian dan keamanan tentunya menjadi prioritas kami dalam memilih pemimpin Kota Surabaya kedepannya. Dan Bismillahirrahmanirrahim, kami Permata Surabaya memberikan dukungan penuh kepada Pak Machfud Arifin untuk Wali Kota Surabaya," ungkap Etty.

Masih banyak lagi dukungan dari berbagai kelompok masyarakat. Semua menginginkan Machfud Arifin terpilih dab menjadi Wali Kota Surabaya pada pilwali yang rencananya digelar Desember 2020.

 

Perempuan Entrepreneur MA Wali Kota Surabaya (Permata) 

 

Pertemuan digelar mengacu protokol kesehatan

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter