Ingin Belanja Bunga Bawang Kaya Manfaat, ke PIOS Saja!

Editor: Narendra Bakrie / Reporter: Sahlul Fahmi

Bunga bawang kaya manfaat yang dijual salah satu pedagang di PIOS

jatimnow.com - Selain menjual daun bawang dan prei, kadang para pedagang bawang di Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) juga menjual ikatan bunga bawang.

Salah satu lapak yang menjual bunga bawang adalah lapak milik Syahid Ali yang terdapat di Blok F PIOS. Di lapaknya itu, Syahid menjual daun bawang dan prei hingga bunga bawang.

"Permintaan bunga bawang memang tidak sebanyak daun bawang atau prei. Namun selama pasokannya ada, saya tetap menyediakan bunga bawang di lapak saya," ujar Syahid, Jumat (7/8/2020).

Syahid menjelaskan bahwa dalam satu hari, penjualan daun bawang mencapai 1 kuintal dan prei 2 kuintal. Sedangkan penjualan bunga bawang berkisar di angka 20 hingga 30 kilogram.

"Kalau harga perikat untuk bunga bawang Rp 10 ribu, daun bawang Rp 12 ribu sedang prei Rp 10 ribu," terang pedagang yang sudah 10 tahun berjualan di PIOS itu.

Pedagang kelahiran Jakarta berdarah Jawa dan Madura itu mengungkapkan, pasokan bunga bawang tersebut didapat dari para petani di Kawasan Gunung Bromo. Begitu pun dengan daun bawang dan prei.

"Semuanya dikirim dari Bromo," ujarnya.

Syahid menyebut bahwa bunga bawang yang memiliki bentuk panjang, bulat, tapi di dalamnya kopong dengan bunga di ujungnya itu memiliki beberapa manfaat. Adapun manfaat dari bunga bawang adalah mengandung kalsium, sedikit protein dan lemak, vitamin B1 dan C.

"Bisa dimasak apa saja sesuai selera masing-masing. Namun yang sering biasanya untuk oseng-oseng dengan cara ditumis lalu dicampur dengan udang dan telur puyuh," paparnya.

 

Berita ini kerjasama antara Pasar Induk Osowilangun Surabaya (PIOS) dengan jatimnow.com

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter